6 Fakta Menarik Serial Moon Knight, Mengusung Budaya Mesir Kuno

Moon Knight
Sumber :
  • IG @themoonknight

VIVA – Marvel Studios akhirnya merilis sebuah serial yang berjudul Moon Knight di Disney+ Hotstar pada Rabu, 30 Maret 2021 kemarin. Serial terbaru Marvel ini memperlihatkan debut Oscar Isaac sebagai pahlawan super Moon Knight yang akan debut di MCU. Oscar Isaac yang memainkan karakter Marc Spector, sebagai tentara bayaran dengan gangguan identitas disosiatif. Ia kemudian menjadi inang untuk Khonsu, dewa bulan dari Mesir yang dikenal dengan Moon Knight. 

Disney Plus akan Bertindak Tegas

Sosok Moon Knight sendiri memang tidak terlalu populer ketimbang beberapa superhero Marvel yang lain, seperti Spider-Man atau Iron Man. Hal ini lantaran karakter yang mempunyai kostum serba putih tersebut memang sangat jarang hadir dalam film atau animasi sebelum akhirnya muncul dalam bentuk live action di MCU. Walaupun demikian, Moon Knight tetap jadi salah satu karakter Marvel yang mempunyai kekuatan dahsyat. Nah, berikut adalah fakta menarik Moon Knight yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Debut dalam Komik Marvel Sebagai Villain

Drama Korea Unmasked Bakal Tayang Akhir Tahun Ini di Disney+ Hotstar

Moon Knight

Photo :
  • Inverse

Moon Knight memang lebih dikenal sebagai antihero daripada superhero. Tapi faktanya, karakter yang diciptakan oleh Doug Moench dan Don Perlin ini debut sebagai seorang villain di dalam komik Werewolf by Night #32 yang terbit tahun 1975. Dalam komik tersebut, Marc Spector alias Moon Knight mempunyai pekerjaan sebagai pemburu werewolf atau manusia serigala. 

Sinopsis Film Madame Web, Berbeda dengan Versi Komik?

Marc kemudian mendapatkan tugas dari organisasi Committe untuk menangkap seorang werewolf yang bernama Jack Russel yang menjadi tokoh utama dalam komiknya. Pihak Committee kemudian memberikan berbagai peralatan khusus kepada Marc untuk menangkap Russell, termasuk kostum ikonik yang berwarna putih. 

2. Diarahkan oleh Sutradara Asal Arab

Moon Knight.

Photo :
  • marvel.com

Serial Moon Knight ini terdiri atas enam episode yang digarap oleh tiga sutradara, yaitu Mohamed Diab, Justin Benson, dan Aaron Moorhead. Mohamed Diab sendiri adalah sutradara dan penulis skenario yang berasal dari Mesir. Ia dikenal melalui karyanya yang beragam, seperti Cairo 678 (2010), Amira (2021), dan masih banyak yang lainnya. 

Mohamed Diab sukses menarik perhatian Marvel Studios usai filmnya yang berjudul Clash menjadi pembuka dalam ajang Festival Film Cannes tahun 2016 silam. Pada kesempatan berbeda, Diab berjanji akan menggambarkan Mesir menjadi lebih baik lagi ketimbang film atau serial yang sudah tayang sebelumnya. 

3. Menjadi Tentara Bayaran

Moon Knight.

Photo :
  • Marvel Studios

Walaupun debut sebagai seorang pemburu werewolf, pekerjaan utama Marc Spector sebelum menjadi seorang superhero Marvel adalah tentara bayaran. Mulanya, Marc tidak pernah ragu untuk membunuh siapa saja yang diinginkan oleh orang yang sudah menyewa jasanya. Tapi, pada suatu ketika Marc disewa oleh seseorang yang ingin mengambil harta karus Mesir Kuno dan membunuh semua warga. 

Marc akhirnya menolak keinginan penyewanya tersebut dan membuatnya jadi tewas karena terbunuh saat melindungi para warga. Dalam momen tersebut sosok dewa Mesir Kuno yang bernama Khonshu menghidupkan kembali dirinya dan menyelamatkan nyawanya. Tapi dengan satu syarat yaitu mau menjadi pengikut Khonshu dan memperbolehkan tubuhnya untuk menjadi avatar. 

4. Mempunyai Gangguan Kepribadian Disosiatif

Moon Knight

Photo :
  • IG @themoonknight

Usai kembali dari Mesir dan mempunyai kekuatan dari Khonshu, Marc Spector membuat dua identitas baru untuk mempermudah dalam memberantas kejahatan. Kedua identitas ini adalah Steven Grant yang menjadi miliarder dan Jake Locksley yang bekerja sebagai sopir taksi. Tapi, terungkap bahwa Marc Spector ternyata mempunyai gangguan kepribadian disosiatif. 

Hal ini mengakibatkan dirinya tidak memiliki memori saat menjadi salah satu dari kedua identitas barunya tersebut. Bahkan, dalam kelanjutan ceritanya, Marc mempunyai lebih dari dua identitas lain yang menjadikan dirinya kerap mengalami depresi. Isu tentang gangguan kepribadian ini juga ada dalam serial Moon Knight. 

5. Durasi Episode Lebih Panjang

Oscar Isaac.

Photo :
  • iMDb

Setiap episode dalam Moon Knight akan mempunyai durasi lebih panjang ketimbang serial MCU yang lain, yaitu hampir 50 menit. Selain itu, serial MCU lain yang sudah tayang umumnya mempunyai durasi sekira 30 sampai 50 menit, bergantung dengan kebutuhan episode. Durasi serial ini diungkapkan oleh Grant Curtis karena dipengaruhi oleh kompleksitas alur cerita sejarah.

Karena itu, hal ini menjadi tantangan sendiri untuk showrunner untuk menentukan hal dan kisah yang akan diadaptasi serta dituangkan dalam film. Tapi, produser Grant Curtis meyakinkan para penggemar masih dapat menikmati hasil adaptasi tersebut di layar kaca. Moon Knight versi serial ini juga dikatakan mampu menawarkan berbagai hal untuk para penggemar. 

6. Melibatkan Psikiater

Marvel Studios

Photo :
  • Marvel.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, serial tersebut mengangkat isu kesehatan mental yang berhubungan dengan Gangguan Kepribadian Disosiatif. Maka dari itu, pada proses pembuatan serial ini melibatkan seorang psikiater yang merupakan asisten profesor klinis di UCLA dan mantan presiden Asosiasi Fakultas Klinis Psikiatri UCLA, Dr. Paul Puri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya