JK Rowling Blak-blakan Ogah Hadiri Reuni Harry Potter, Ini Sebabnya

JK Rowling.
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA Showbiz – Awal tahun 2022 ini, para penggemar Harry Potter dibuat bahagia lantaran adanya reuni para cast dari film Harry Potter. Reuni akbar para cast Harry Potter itu merupakan bagian dari acara HBO Max Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Namun sayangnya dalam acara tersebut, penulis novel JK Rowling tidak hadir. Penulis novel Harry Potter itu disebut-sebut tak hadir lantaran tak diajak usai pernyataannya yang dianggap kontroversial soal transgender.

Namun baru-baru ini, JK Rowling angkat bicara terkait alasan dirinya tak hadir dalam acara HBO Max Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts kala itu. Mengutip laman Deadline, JK Rowling menyebut bahwa dia tak hadir di reuni tersebut karena memang tak mau hadir.

Giring Ingin Kembali ke Dunia Musik Usai Gagal di Politik, Grup Band Nidji Tutup Pintu

"Saya diminta untuk berada di sana dan saya memutuskan saya tidak ingin melakukannya," katanya kepada pembawa acara Graham Norton saat tampil di acara Virgin Radio UK dan mengklarifikasi bahwa dia tidak diundang dari reuni tersebut. 

Emma Watson, Tom Felton dan para bintang film Harry Potter.

Photo :
  • Instagram @emmawatson
Song Joong Ki dan Kim Soo Hyun 'Reuni' di Queen of Tears Setelah 15 Tahun

Dia mengungkap alasan ogah datang lantaran menilai acara tersebut lebih mengarah pada film bukan tentang novelnya.

"Saya pikir itu tentang film lebih dari buku, memang benar, itulah tentang peringatan itu," lanjut JK Rowling.

Penulis itu mengaku dirinya tidak dilarang hadir dalam acara HBO Max Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts itu.

"Tidak ada yang mengatakan jangan [hadir]… Saya diminta untuk hadir dan saya memutuskan untuk tidak hadir," kata dia menambahkan.

JK Rowling.

Photo :
  • IMDb

Untuk diketahui, acara Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts ditayangkan perdana pada 1 Januari 2022 dan menampilkan semua pemain kunci yang membuat film Harry Potter sukses.

Sebelumnya, JK Rowling telah menerima banyak reaksi atas pandangannya tentang wanita transgender. Beberapa bintang Harry Potter seperti Daniel Radcliffe dan Emma Watson telah menentang pandangan Rowling dan membuat pernyataan publik menentang mereka.

Daniel Radcliffe bahkan menulis sebuah esai yang mengutuk pandangan Rowling yang mengatakan "wanita transgender adalah wanita." Sementara itu, Emma Watson turun ke media sosial untuk mengungkapkan bahwa "orang trans adalah apa yang mereka katakan" dan menentang sikap Rowling.

Penulis asal Inggris itu diketahui tidak bergeming dari pandangannya dan bahkan menggandakannya menulis esai tentang pendiriannya tetapi menyangkal bahwa dia transfobia, yaitu orang yang takut, benci atau tidak percaya terhadap transgender.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya