Totalitas Aghniny Haque Belajar Cara Memandikan Jenazah, Jadi Tahu Tata Caranya

Aghniny Haque
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

JAKARTA  – Aktris Aghniny Haque didapuk menjadi pemeran utama dalam film horor produksi Visual Media Studio (VMS) berjudul Pemandi Jenazah. Film tersebut disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu dan naskahnya ditulis oleh Lele Laila. Film tersebut telah merilis trailer resmi pada hari ini, Kamis, 18 Januari 2024.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Pada saat konferensi pers perilisan trailer tersebut, Aghniny bercerita mengenai proses pendalaman karakter Lela yang ia mainkan. Aghniny mengaku sampai melalukan workshop dengan seseorang yang beprofesi sebagai pemandi jenazah

"Pasti ada ya. Workshop ada. Workshop sama seorang pemandi jenazah. Sudah senior banget udah 41 tahun. Merasakan kehidupan pemandi jenazah, sakral," kata Aghniny di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2024.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Para cast film Pemandi Jenazah

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Karena workshop yang dilakukan dengan seorang profesional itu, Aghniny mengaku jadi paham dan tahu tata cara memandikan jenazah berikut dengan bacaannya. 

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

"Oh iya pastinya (paham cara memandikan jenazah) karena emang workshopnya dilakukan berulang-ulang dan juga bukan hanya untuk hafalan tapi mengerti dari arti dan kenapa dari sebelah kanan dulu, kenapa harus niat dulu," kata Aghniny Haque.

Berkat pendalaman peran itu, Aghniny mengaku kagum kepada orang yang berprofesi sebagai pemandi jenazah. Menurutnya, profesi tersebut mulia dan tidak mudah.

"Aku ngeliat ibu Hikmah (pemandi jenazah) kagum si pemandi jenazah tuh bukan sekedar jasa aja tapi itu benar-benar mulia banget, gak mudah melawati kematian setiap harinya pasti capek ngurusin orang yang udah gak ada. Yang aku lihat bu Hikmah tuh kuat banget, aku terinspirasi sama beliau," ucapnya.

Memainkan peran Lela, Aghniny merasa mendapat tantangan karena benar-benar baru dan sangat berbeda dengan kehidupannya sehari-hari.

"Aku dituntut menghidupi peran yang benar-benar baru dan sangat berbeda dari kehidupan aku, kayak aku dari anak kota yang mobile kemana-mana segala macem, sedangkan Lela dituntut sebagai pemandi jenazah dan harus terbiasa gitu, dia tuh jadi pembantu ibunya mandiin jenazah dari kecil. Karena dia jadi asisten ibunya dari kecil," ucapnya.

Sebagi informasi, selain Aghniny Haque, film Pemandi Jenazah yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 22 Februari 2024 itu juga dibintangi oleh Djenar Maesa Ayu, Ibrahim Risyad, Amara Sophie, Nola B3, Mian Tiara, Ruth Marini, dan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya