Demi Dalami Peran, Hana Malasan Langsung Datangi Tempat Praktik Pemakaian Susuk

Hana Malasan.
Sumber :
  • Instagram @hanamalasan.

JAKARTA – Hana Malasan akhirnya tampil di layar lebar lewat film terbarunya yang berjudul "Susuk: Kutukan Kecantikan". Film yang disutradarai oleh Ginanti Rona ini dijadwalkan akan tayang di bioskop pada 31 Agustus 2023 mendatang. 

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Dalam film horor terbaru ini, Hana Malasan berperan sebagai Laras, seorang PSK yang memakai susuk demi menarik perhatian lawan jenisnya. Ia mengalami kejadian paling mengerikan di hidupnya, di mana ia kesulitan menghadapi kematian akibat susuk yang dipakai hingga membuat tubuhnya membusuk.

Cast film Susuk: Kutukan Kecantikan.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.
Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Secara pribadi, Hana Malasan mengaku tidak mengelak adanya penggunaan susuk oleh orang-orang di sekitarnya. Hana pun memberanikan diri untuk melakukan riset mendalam supaya bisa memerankan karakternya dengan maksimal. Aktris 32 tahun tersebut bahkan datang langsung ke tempat praktik pemakaian susuk untuk mengetahui semua proses mulai dari pemakaian hingga pelepasan.

"Riset ke tempat susuk, gimana proses pelepasan dan biasanya apa yang terjadi saat proses pelepasan itu," ujar Hana Malasan, dalam wawancara eksklusif bersama VIVA, baru-baru ini.

Tayang di Hari Kelima, Ini Jumlah Penonton Film Horor Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

Hana Malasan pun dikejutkan dengan fakta di lapangan bahwasanya hal-hal mistis memang berkaitan erat dengan para pengguna susuk. Pikirannya pun semakin terbuka untuk menghidupkan karakter Laras dalam film ini.

Kemudian, selain mendatangi tempat praktik susuk Hana Malasan juga datang ke tempat lokalisasi. Di sana, ia menemui beberapa pekerja seks komersial (PSK) untuk bertanya bagaimana kehidupan dan pekerjaan mereka.

"Pada proses reading saya sempat riset ke area lokalisasi. Lalu kita ngobrol dengan orang yang profesinya sebagai PSK. Dari situ akhirnya lumayan dapt bahan sebagai karakternya Laras," jelas Hana Malasan.

Setelah melakukan berbagai riset untuk film ini, finalis Gadis Sampul 2006 tersebut menekankan bahwa apa yang ia perankan bukan hanya sekedar muncul dari imajinasi saja. Karakter Laras membawa pesan mendalam dari kejadian-kejadian nyata di luar sana yang belum banyak diketahui oleh orang lain.

"Jadi yang dimainkan di scene itu semuanya berdasarkan cerita yang kita ambil dari hasil riset. Jadi bukan karangan aja dan memang terjadinya seperti itu," tandasnya.

Film “Susuk : Kutukan Kecantikan” mengangkat cerita tentang Laras (Hana Malasan). Dia ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai PSK dan memperbaiki hubungan dengan adiknya, Ayu (Ersya Aurelia). Namun, sebuah kecelakaan membuat Laras ditolak oleh kematian dan terus terjebak dalam sakaratul maut. Tubuh Laras terus hidup, namun badannya mulai membusuk seperti mayat.

Ditemani oleh Arman (Jourdy Pranata), Ayu pun mencari berbagai cara untuk menyembuhkan Laras. Dengan mendatangi Damar (Whani Dharmawan) seorang kepala desa yang membantu Laras dan Ayu setelah orang tua mereka meninggal, Ustad Rahmat (M.N. Qomaruddin), pemuka agama yang mengerti efek susuk yang terus memburuk, hingga meminta bantuan dari Prasetyo (Muhammad Khan), seorang dukun. Tapi ternyata susuk di tubuh Laras bukanlah susuk biasa—tubuh Laras semakin membusuk dan menciptakan teror bagi Ayu, Arman, dan bahkan Warga Desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya