Aldi Taher Merasa Lebih Dekat dengan Tuhan Setelah Divonis Kanker

Aldi Taher
Sumber :
  • IG @alditaher.official

JAKARTA – Aldi Taher menceritakan perjalanannya sebagai penyintas kanker yang hampir empat tahun menggerogoti tubuhnya. Mantan suami Dewi Perssik itu mengakui awalnya ia sempat kebingungan hingga putus asa seolah dihantam dengan masalah yang sangat besar. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit itu juga mengubah kondisi fisik Aldi Taher yang sebelumnya terlihat bugar dan sehat. Ia mulai kehilangan berat badan sejak divonis menderita penyakit kanker getah bening. Padahal, Aldi Taher baru saja menyelesaikan syuting dengan kondisi yang sehat sehingga kabar vonis itu benar-benar seperti mimpi buruk baginya. Scroll lebih lanjut ya.

“Di saat gue kena kanker, gue bingung mau ngapain. Kanker itu gue ngerasain hantaman, ujian, gue kaget. Gue divonis kanker habis selesai syuting Emak Ijah sama Irwansyah juga waktu itu, gue ngga nyangka bakal sakit kanker,” ujar Aldi Taher dalam YouTube The Sungkar Family, dikutip Jumat 11 Agustus 2023.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Aldi Taher baru menyadari ada kanker di dalam tubuhnya setelah dua tahun kemudian. Awalnya, Aldi Taher merasakan ada benjolan tak biasa di bagian leher.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Setelah diperiksa, ternyata kanker getah bening yang berupa benjolan itu posisinya dekat dengan paru-parunya.

“Dekat paru-paru ada benjolan sebesar 9x6 cm sebesar telapak tangan. Awalnya ada benjolan di leher, pas di cek ternyata dekat sama paru-paru. Itu ternyata sudah dua tahun gue baru tahu,” ungkap Aldi Taher. 

Aldi Taher belum mengetahui pasti apa penyebab muculnya kanker tersebut. Akan tetapi, kemungkinan besar kanker itu muncul karena dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ia juga punya aktifitas yang padat sementara sering terpapar asap rokok sebagai perokok pasif.

Aldi Taher buat lagu tentang Messi

Photo :
  • YouTube

“Kemungkinan penyebabnya karena dulu gue sering kena asap rokok. Gue ngga ngerokok tapi jadi perokok pasif. Di dalam ruangan dulu pulang syuting sering dugem, ruangan tertutup banyak asap rokok, begitu terus selama dua tahun,” kata Aldi Taher. 

Setelah mengetahui ada penyakit mematikan di dalam tubuhnya, Aldi Taher mulai belajar menerima dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Ia mencoba memperdalam ilmu agama agar bisa ikhlas dengan keadaannya.

Setelah banyak belajar tentang ilmu agama dan keikhlasan, perlahan Aldi Taher mulai bisa menerima kondisi kesehatannya itu.

“Nah dari situlah gue di saat kena kanker gue bingung mau ngapain, berobatnya di mana, akhirnya gue baca Alquran, karena gue pernah dengan Alquran adalah syafaat. Alhamdulillah akhirnya gue menerima keadaan gue sebagai pasien kanker, mulai Ikhlas dan ngga denial (menyangkal),” kata Aldi Taher. 

Aldi Taher

Photo :
  • IG @alditaher.official

Diakui oleh Aldi Taher bahwa sebelum ia mendekatkan diri kepada Tuhan, ia sering kali protes dan marah karena diberi cobaan saat kariernya di dunia hiburan sedang naik daun lagi.

“Harus gue akuin, saat belum mendekatkan diri ke tuhan, gue sempat ‘kenapa sih gue dikasih kanker di saat karier gue lagi bagus, tiap hari syuting' Akhirnya gue sadar ini teguran, gue bersyukur masih diuji, gue ngga kebayang kalau gue diujinya di neraka,” ujar Aldi Taher. 

Dengan usaha dan doa yang telah dilakukannya, akhirnya setelah empat tahun berjuang melawan kanker, Aldi Taher dinyatakan sembuh. Ia pun berpesan pada semua pasien kanker agar tetap kuat dan semangat untuk sembuh seperti dirinya.

“Tapi sekali lagi, gue pasien kanker, jangan takut ke dokter, jangan takut kemo. Buat para pejuang kanker, bismillah, kalau sakit ke dokter, ikhtiar dan insya Allah semua pada sehat ya. Doa jangan putus,” tandas Aldi Taher. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya