5 Hal dalam Konser Coldplay yang Harus Dilakukan untuk Dukung Go Green

Coldplay Music of the Spheres World Tour
Sumber :
  • Coldplay

Jakarta – Coldplay akan menggelar konsernya di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada hari ini Rabu, 15 November 2023. Konser grup band kenamaan Inggris tersebut mengusung ramah lingkungan (go green). 

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Seperti diketahui, Coldplay termasuk salah satu band yang kerap menyuarakan go green dan selalu menginginkan agar tur dunianya, termasuk di Jakarta kali ini, sebisa mungkin menggunakan teknologi hijau dan ramah lingkungan.

Konser Coldplay

Photo :
  • NME
Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Menjelang konsernya dalam beberapa jam lagi, Coldplay membagikan update terkait dengan perhelatan yang mengusung go green tersebut. Melalui unggahan di akun Instagram @coldplay, mereka membagikan “Green Update” yang dapat dilakukan oleh penonton yang hadir dalam konsernya.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa penonton dapat menggunakan transportasi umum yang tersedia di sekitar lokasi konser, dapat diakses dengan berjalan kaki, tersedia untuk sepeda, dan menggunakan botol isi ulang tanpa logam tanpa kaca.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Kelima hal yang disebutkan guna menunjang konsernya yang ramah lingkungan atau go green di Jakarta. 

“PUBLIC TRANSPORTATION

NEARBY

ACCESSIBLE BY FOOT

BIKE RACKS ON SITE

REFILLABLE BOTTLES

NO METAL NO GLASS.”

Bicara soal ramah lingkungan, ada tiga prinsip yang diterapkan oleh Coldplay, yaitu Reduce, Reinvent, dan Restore, seperti yang dikutip dari situs web mereka, sustainability.coldplay.com.

Menurut Associated Press, band ini menggunakan teknologi hijau seperti lantai dansa kinetik dan sepeda statis di konser mereka, mengumpulkan energi dari penggemar untuk menggerakkan berbagai elemen pertunjukan.

Selain itu, Coldplay berusaha memasang panel surya di tempat konser, dengan bahan surya berkelanjutan dari mitra mereka untuk generator dan transportasi tur. Gelang LED penonton sepenuhnya terbuat dari bahan nabati yang dapat dikomposkan, dan produksi gelang dikurangi 80% melalui pengumpulan, sterilisasi, dan pengisian ulang setiap pertunjukan. 

Dalam tur "Music of the Spheres World Tour," kali ini, Coldplay mendorong promotor untuk memperkenalkan perangkat hemat air dan menyediakan stasiun isi ulang air bagi penggemar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya