Soal Polemik Lowongan ART, Cleopatra Eks JKT48 Klaim Segini Nominal Gaji di Bekasi

Cleopatra Eks JKT48.
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Nama Cleopatra EKS JKT 48 belakangan menjadi sorotan publik usai unggahannya dalam mencari asisten rumah tangga. Namun unggahannya itu malah menuai kontroversi hingga menyebabkan dirinya jadi bahan cemoohan warganet terkait dengan kriteria dan gaji asisten rumah tangganya.

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Diungkap Cleopatra dirinya menawarkan gaji sebesar Rp1,7 juta dengan sejumlah pekerjaan mulai dari nyapu, ngepel, mencuci baju hingga memasak. Tak hanya itu saja, yang membuat publik geram adalah gaji asisten rumah tangganya itu akan ditahan selama tiga bulan diawal.

Cleo menjelaskan alasannya menahan gaji selama 3 bulan supaya sang ART tidak seenaknya saja memutuskan hubungan kerja dengan dirinya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan
Detik-detik Polisi Setop Ambulans Lawan Arus One Way, Ternyata Bukan Bawa Pasien Sakit

Tetapi, ART itu diperbolehkan untuk berhenti apabila memang tidak tahan dengan pekerjaannya sebelum 3 bulan.

Sempat memberikan klarifikasi di media sosial, Cleopatra kembali menjelaskan unggahannya terkait dengan asisten rumah tangga di podcast milik dr. Richard Lee termasuk soal gaji yang dinilai tak wajar oleh netizen.

Dokter Ricahard Lee bahkan sempat bertanya mengenai pendapat Cleopatra mengenai gaji sebesar Rp1,7 juta yang ditawarkannya untuk menggaet asisten rumah tangga.

"1,7 juta itu besar, kecil atau cukup untuk pembantu di Jakarta menurut kamu deh?," tanya dia mengutip tayangan YouTube dr. Richard Lee.

Dijelaskan oleh Cleopatra bahwa untuk gaji di setiap daerah memiliki batas minimun atau upah minimum.

Bahkan diungkap mantan JKT48 ini bahwa gaji yang ditawarkannya jauh lebih besar dengan membandingkan gaji yang diberikan oleh rekan-rekannya di Bekasi.

"Jadi gini di setiap wilayah punya ratenya masing-masing di daerah Bekasi yang aku tau dan yang aku punya rekan dia ngegaji sekitar 1,2 sampai 1,5 juta. Iya (Bekasi segitu)," jelas Cleopatra.

Sontak saja Richard Lee kaget mendengar pernyataan Cleopatara. Sebab menurutnya UMR di Bekasi lebih tinggi dibandingkan di Jakarta. 

"1,2? Di Bekasi UMR nya lebih tinggi dari Jakarta," kata dia.

"Iya aku enggak tau ya kalau terlepas dari itu. Tapi masih ada yang pakai rate segitu," kata Cleopatra menjelaskan.

Diungkap Cleopatra bahwa gaji Rp 1,7 juta itu dibayarkan per tiap bulannya.

Cleopatra Eks JKT48.

Photo :
  • Instagram

"1,2 per minggu apa per bulan?," tanya dr. Richard Lee.

"Perbulan lah," jawab Cleopatra eks JKT48.

"Masih ada orang Indonesia digaji Rp1,2 juta," sahut dr. Richard Lee.

Sebelumnya, dalam unggahannya di X, Cleopatra mengunggah lowongan pekerjaan untuk asisten rumah tangga.

Cleo menuliskan semu kriteria ART yang ia inginkan mulai dari persyaratan usia dan sifatnya, hingga kemampuannya dalam mengurus rumah tangga.

Cleo mencari ART yang merupakan seorang perempuan usia 35-50 tahun yang bersedia tinggal di rumahnya. Cleo juga ingin ART yang sifatnya tidak kasar, jujur, dan bisa menyayangi anak-anaknya.

"Perempuan berusia 35-50 tahun, menginap, sayang sama anak, tidak kasar sama anak, jujur, sopan, rajin, dan tulus," tulis Cleo lagi.

Lebih lanjut, Cleopatra Djapri juga menuliskan rincian pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh sang ART sehari-hari.

Selain mengasuh anak-anak, ART yang diinginkan oleh Cleo harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain seperti membersihkan rumah, mencuci baju dan memasak.

"Kerjaan : Nyapu, Ngepel, Nyuci baju (pakai mesin, tapi kalo baju putih di kucek), cuci sendal, Nyetrika (baju suami, saya, 3 anak saya), Masak yang ringan-ringan. Bisa masak sop, bayam, lodeh, kangkung.(tenang bukan disuruh bikin kepiting saos padang kok, apalagi sekarang udah ada youtube... so plisss gak usah alasan gak bisa masak. Kalo gak bisa yaudah belajar bareng-bareng dari youtube)," katanya. 

Persyaratan selanjutnya yang dituliskan oleh Cleopatra adalah yang menjadi sumber hujatan para netizen. Ia menekankan bahwa gaji ART akan ditahan selama tiga bulan dan baru akan dibayarkan di bulan keempat.  

Cleo menjelaskan alasannya menahan gaji selama 3 bulan supaya sang ART tidak seenaknya saja memutuskan hubungan kerja dengan dirinya.

Tetapi, ART itu diperbolehkan untuk berhenti apabila memang tidak tahan dengan pekerjaannya sebelum 3 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya