Terungkap Isi Hantaran yang Dibawa Pangeran Mateen untuk Anisha Rosnah

Pangeran Mateen resmi menikah
Sumber :
  • YouTube

Brunei Darussalam – Pangeran Abdul Mateen telah resmi menikahi sang pujaan hati yang bernama Anisha Rosnah pada Kamis, 11 Januari 2023 kemarin. Upacara Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja alias ijab kabul telah disiarkan secara langsung melalui tayangan RTB News di YouTube. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dalam ijab kabul tersebut, Pangeran Mateen yang merupakan putra Sultan Hassanal Bolkiah itu tampak memberikan mahar yang sederhana untuk sang istri. Ia memberikan uang tunai senilai 1000 ringgit.

Melansir dari laman Borneo Bulletin, sebelum menjalankan upacara ijab kabul tersebut, pemilik nama lengkap Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda 'Abdul Mateen melakukan acara lamaran dengan Anisha Rosnah di Istana Nurul Iman pada 9 Januari lalu. 

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Pangeran Abdul Mateen dan kekasih.

Photo :
  • Town and Country.
4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Upacara tersebut dinamakan sebagai Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja, Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja. Acara itu juga sekaligus menjadi momen Pangeran Mateen untuk membawa hantaran kepada Anisha Rosnah. 

Dalam hantaran yang diberikan, Pangeran Mateen memberikan sepasang gaun, gelang, anting, dua cincin, ceramai, kelakati, dan pisau yang dibawa di sebuah baki emas. Selain itu, Pangeran Mateen juga  juga melakukan seremoni kerajaan dengan membawa lilin berjumlah 16. 

Lilin tersebut dilengkapi dengan aksesori kebesaran seperti sinipit, pedan, tombak, tumbak benderangan, kabok, dan panastan. Selain itu, Pangeran Mateen memberikan sebuah surat yang berisi niat dirinya melamar Anisha Rosnah untuk menjadi istrinya. 

Pangeran Mateen resmi menikah

Photo :
  • YouTube

Sementara itu, pesta pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah itu dilaksanakan dalam kurun waktu yang cukup panjang. Pesta tersebut diawali dengan pembukaan dan diakhiri dengan doa selamat. Nah, berikut rangkaian pernikahan selengkapnya. 

7 Januari: Pembukaan rangkaian pernikahan dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja
8 Januari 2024: Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga.
9 Januari 2024: Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja.
10 Januari 2024: Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja
11 Januari 2024: Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja alias ijab kabul.
14 Januari 2024: Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.
15 Januari 2024: Majilis Persantapan Diraja.
16 Januari 2024: Majilis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya