Fakta-fakta Acara Royal Banquet Ceremony Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Pangeran Mateen dan Anisha
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Rangkaian pernikahan putra Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Isa Kalebic atau dikenal Anisha Rosnah binti Adam kembali digelar Senin kemarin, 15 Januari 2024. 

Potret Mesra Pernikahan Virzha dan Sausan Sabrina, Ijab Kabul Pakai Bahasa Arab

Keduanya menggelar acara Royal Banquet Ceremony atau dikenal dengan Majilis Persantapan Diraja di Balai Persantapan, Istana Nurul Iman, Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Ini merupakan momen di mana seluruh anggota kerajaan dan para kerabat berkumpul untuk melakukan jamuan kerajaan. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para perwira senior dan tamu undangan khusus. Seperti apa urutan acara pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Virzha Resmi Menikah dengan Sausan Sabrina, Personel Dewa 19 Ucapin Selamat

Urutan acara pernikahan Kerajaan Brunei

Royal Banquet Ceremony Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Photo :
  • YouTube
Sosok Sausan Sabrina, Wanita Keturunan Arab yang Dinikahi Virzha

Resepsi pernikahan digelar pada hari kedelapan dari 10 hari perayaan pernikahan yang meliputi sejumlah upacara adat budaya dan keagamaan.

Perayaan dimulai pada tanggal 7 Januari dengan upacara lamaran, keluarga mempelai pria secara resmi menyatakan niatnya untuk menikahi mempelai wanita. Keesokan harinya dilanjutkan dengan penampilan musisi istana kerajaan yang secara resmi menandai dimulainya perayaan.

Pada hari Selasa, hari ketiga, diadakan acara pertunangan yang dimeriahkan oleh keluarga mempelai pria dengan membawa bingkisan simbolis ke kediaman mempelai wanita. 

Dilanjutkan dengan upacara pembedaan pada hari keempat. Dalam upacara ini, anggota keluarga calon pengantin pria dan wanita mengoleskan bedak pada tangan pasangan. Pada Kamis hari kelima, kedua mempelai resmi mengucapkan sumpah janji dalam upacara keagamaan.

Jamuan makan kerajaan digelar dikabarkan digelar pada Senin, yang diperkirakan akan dihadiri oleh tamu dari seluruh dunia. Pada Selasa, anggota keluarga akan mengadakan doa untuk secara resmi yang menandai berakhirnya perayaan 10 hari, tetapi tanpa ada pasangan pengantin.

Perdana makan malam sebagai suami-istri

Pada Senin kemarin, jamuan makan malam yang dihadiri para petinggi negara termasuk sejumlah pemimpin kerajaan di Asia merupakan makan malam pertama Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah binti Adam sebagai suami dan istri.

Dekorasi

Royal Banquet Ceremony Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Photo :
  • YouTube

Dekorasi ruang makan tempat berlangsungnya acara Majilis Persantapan Diraja didominasi dengan warna putih, terlihat dari pemilihan bunga mawar putih dan pink yang ditata di vas bunga di meja makan.  

Pangeran Mateen dan Anisha Rosna binti Adam, tampil begitu memukau. Pangeran Mateen nampak gagah dengan menggunakan pakaian dinas kerajaan berwarna hitam dan dasi kupu-kupu. 

Sementara itu, Anisha Rosnah terlihat menggunakan gaun berwarna silver dengan detail swarovski serta wedding veil menjuntai.

Sosok Pangeran Mateen

Resepsi penikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen dengan Anisha Rosnah

Photo :
  • Instagram

Mateen adalah putra keempat dan anak ke 10 Sultan Hassanal Bolkiah, salah satu orang terkaya di dunia. Meski berada di urutan keenam pewaris takhta, sang pangeran menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir menemani ayahnya dalam keterlibatan diplomatik.

Sultan mengumumkan pertunangan Mateen dan Anisha pada bulan Oktober, yang merupakan cucu dari penasihat khusus penguasa. Mateen, yang bermain polo dan merupakan pilot helikopter di Angkatan Udara Kerajaan Brunei, memiliki 2,6 juta pengikut di Instagram. Anisha dikabarkan memiliki merek fashion dan bisnis pariwisata.

Mateen memposting klip video dan foto upacara pernikahannya di Instagram saat ia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang merayakan hari besarnya bersamanya. “Ini sangat berarti bagi kami,” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya