6 Idol yang Keluar SM Entertainment dalam 9 Bulan Terakhir, Terbaru Taemin SHINee

Taemin SHINee.
Sumber :
  • Soompi

Korea Selatan – Belakangan ini, kabar tentang kepergian beberapa idol dari SM Entertainment dan diikuti oleh rumor-rumor lainnya, membuat penggemar terkejut. Meskipun kepergian ini dapat mengejutkan, ternyata beberapa idol yang telah lama berkarya di bawah naungan SM Entertainment memilih untuk melanjutkan karier mereka di label lain atau bahkan mendirikan label sendiri. 

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Berikut ini sejumlah idol yang memutuskan untuk meninggalkan SM Entertainment dalam kurun waktu sembilan bulan terakhir, dilansir dari Koreaboo. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Taemin SHINee

Sehun EXO Diduga Hangout Bareng Pacar di Restoran

Taemin SHINee di Jakarta

Photo :
  • Instagram/officialrcti

Pada tanggal 3 Maret, Taemin SHINee akan meninggalkan SM Entertainment setelah setia selama 16 tahun. Kabarnya, Taemin akan melanjutkan karier di BPM Entertainment, rumah bagi VIVIZ dan grup lainnya. Walaupun belum ada konfirmasi resmi mengenai rencananya, tetapi diperkirakan bahwa Taemin akan tetap aktif bersama SHINee.

Girl Group Cherry Bullet Resmi Dibubarkan, Agensi Ucap Terima Kasih ke Penggemar

2. Super Junior D&E (Donghae dan Eunhyuk)

Donghae dan Eunhyuk Super Junior/Super Junior D&E

Donghae dan Eunhyuk Super Junior/Super Junior D&E

Photo :
  • Instagram @superjunior_dne_official

Duo Super Junior D&E, Donghae dan Eunhyuk, memilih untuk meninggalkan SM Entertainment setelah kontrak mereka berakhir pada Juli 2023. Keduanya kemudian mendirikan agensi mereka sendiri, ODE Entertainment, dengan merekrut mantan manajer mereka yakni Won Yong Sun yang sebelumnya bekerja dengan Super Junior.

Kyuhyun Super Junior.

Photo :
  • Soompi

Kyuhyun Super Junior juga memutuskan untuk meninggalkan SM pada waktu yang sama dengan Donghae dan Eunhyuk. Namun, berbeda dari rekan-rekannya, Kyuhyun Super Junior tidak mendirikan label sendiri. Ia memilih untuk bergabung dengan Antenna, label yang juga menaungi banyak artis terkenal.

Sunny Girls Generation

Photo :
  • instagram @515sunnyday

Setelah berbagai spekulasi, Sunny dari Girls Generation mengonfirmasi kepergiannya dari SM Entertainment melalui surat kepada penggemar. Meskipun belum mengumumkan agensi baru secara resmi, Sunny baru-baru ini muncul bersama Hyoyeon dalam acara talk show "No Way Home" di JTBC.

5. D.O EXO

Do Kyung Soo atau DO EXO

Photo :
  • soompi

Setelah merilis album mini kedua, D.O dari EXO memutuskan untuk meninggalkan SM Entertainment. Diberitakan bahwa ia akan bergabung dengan Company SooSoo, perusahaan yang didirikan oleh manajernya, Nam Kyung Soo.

6. EXO CBX (Chen, Baekhyun dan Xiumin)

EXO-CBX

Photo :
  • SM Entertainment

Pada bulan Mei 2023, EXO CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin, mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontrak mereka dengan SM. Mereka mengklaim bahwa kontrak mereka seperti kontrak perbudakan dan transparansi akuntansi yang kurang. 

Setelah kesepakatan dengan perusahaan pada Juni 2023, Baekhyun mendirikan perusahaannya sendiri, I&B100. Sementara dua anggota lainnya juga bergabung dengan agensi baru milik Baekhyun.

Meskipun secara teknis masih berada di bawah kontrak eksklusif SM Entertainment, perubahan ini memungkinkan para idol untuk mengejar kegiatan individu mereka di tempat lain. Keputusan para idol ini untuk berpindah langkah menciptakan gebrakan di dunia hiburan dan menantikan perkembangan selanjutnya dalam karier mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya