Hal Ini yang Buat Helmy Yahya dan Denny Malik Kangen Daerah Melawai Era 90-an

Presenter kenamaan, Helmy Yahya
Sumber :
  • IBL

JAKARTA – Helmy Yahya dan Denny Malik berkolaborasi untuk menghidupkan kembali suasana tongkrongan anak-anak muda di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Tepatnya di sekitar area Jalan Melawai, Helmy dan Denny rupanya punya kenangan berkesan semasa muda yang ingin mereka bawa lagi di era ini.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Memperkenalkan budaya lawas kepada generasi millenial tentu bukan hal yang mudah, kecuali mengajak mereka masuk langsung ke dalamnya. Oleh karena itu, Helmy Yahya dan Denny Malik menggelar acara Lintas Melawai pada 28-30 Juli 2023. Scroll lebih lanjut ya.

Acara ini merupakan festival musik dengan nuansa jadul yang akan membawa generasi muda masa kini kembali pada era 80-90-an, di mana sekitar jalan Melawai Raya, Blok M, sempat jadi arena gaul, tempat ngeceng dan mejengnya anak muda saat itu. Akhirnya daerah itu terkenal dengan nama Lintas Melawai.

Niat Cari Jodoh, Motor Cewek Ini Malah Raib Dicuri Pria dari Aplikasi Kencan

"Kalau gue ngecengnya. Dulu kita nonton dan ditonton orang. Gaya habis-habisan, pakai celana cutbray dan kaos singlet, celana baggy dan kaos oblong," kata Helmy Yahya, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 10 Juli 2023.

Rooftop Blok M Square Kebakaran, Dugaan Sementara Gegara Kabel Terbakar

Sambil mengingat kembali masa mudanya, Helmy Yahya dan Denny Malik sekaligus membuktikan persahabatan mereka yang sudah terjalin selama puluhan tahun. Menurut Denny, anak-anak muda di jaman itu juga terbilang sangat stylish, mulai dari gaya rambut hingga berpakaian yang nyentrik.

"Dulu style rambut itu gondrong ya kayak Chrisye, Fariz, gondrong semua mereka," kata Denny Malik.

"Dulu keren banget pokoknya di jalan ada perform otomotif, motor, main sepatu roda," tambahnya.

Denny Malik

Photo :
  • Dok.ist

Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu lokasi tersebut mengalami pergeseran budaya dan generasi sehingga kebiasaan nongkrong itu pun mulai menghilang. Bukan hanya dari segi kebiasaan nongkrongnya saja, tetapi beberapa tempat makan yang populer juga sudah berganti.

"Itu yang kita kehilangan, jadi kita pengen banget menghidupkan lagi. Dulu juga ada makanan-makanan yang murah banget kayak bakso tenis," kata Helmy Yahya.

"Dulu fashion itu full color. Celana sobek-sobek, sepatu boots terus pakai ikat di kepala sama tangan," timpal Denny Malik.

Helmy Yahya menceritakan bahwa area Jalan Melawai bukan hanya dipakai untuk sekedar nongkrong dan lirik sana-sini, tetapi juga menjadi lahan para anak muda berekspresi. Misalnya, beberapa komunitas bebas berkumpul untuk melakukan hobi mereka hingga memamerkan kebolehan masing-masing untuk menarik perhatian orang lain.

"Jakarta perlu tempat begitu, di mana yang enak, nyaman, dengan suasana udara dan lingkungan yang enak. Memang masih daerah selatan yang buat nongkrong buat apa itu enak," kata Helmy Yahya.

"Dulu ada GOR yang bisa dipakai untuk kegiatan itu tapi sekarang sudah ngga ada lagi," sambungnya.

Helmy Yahya

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dengan adanya acara Lintas Melawai ini, Helmy Yahya berharap lokasi tersebut bisa hidup lagi dan menjadi sarana berkreasi generasi milenial, seperti generasinya terdahulu.

"Semoga ini bisa jadi fenomena lagi, buat jadi pusat fashion, makanan, dan kreatif. Anak-anak butuh tempat, lahan, panggung untuk berkreatif dan berekspresi," jelasnya.

Selain acara musik yang mengundang sejumlah penyanyi senior papan atas, akan ada juga Bazar Multiproduk yang akan ikut memeriahkan acara. Kemudian akan hadir juga komunitas otomotif mobil klasik dan motor klasik. Tidak ketinggalan beberapa komunitas dari sekolah di sekitar lokasi Sultan Hasanudin Dalam, Blok M Mall.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya