Nadin Amizah Bawakan Lagu Chrisye dengan Sentuhan Baru Buat Soundtrack Gadis Kretek

Nadin Amizah
Sumber :
  • IG @cakecaine

JAKARTA – Menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi penyanyi Nadin Amizah yang berkesempatan remake lagu legendaris milik Chrisye, Kala Sang Surya Tenggelam. Nadin Amizah didapuk menjadi pengisi soundtrack serial terbaru Netflix original Indonesia yang berjudul Gadis Kretek.

Sutradara Joko Anwar dan Yeon Sang-ho Bahas Soal Kisah-kisah Asia dalam Film Terbaru di Netflix

Sebagai penyanyi pop yang sedang naik daun, Nadin Amizah dikenal punya suara yang sendu yang sangat khas. Banyak usaha yang dilakukan untuk menyanyikan lagu milik Chrisye ini secara maksimal, salah satunya adalah menonton habis 5 episode serial Gadis Kretek.

Nadin Amizah

Photo :
  • IG @cakecaine
Heboh Martha Asli dari Serial Baby Reindeer Muncul, Ngaku Jadi Korban yang Dikuntit Richard Gadd

Nadin Amizah merasa harus paham betul bagaimana jalan cerita dari serial yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo ini agar bisa menyesuaikan mood suara yang ia hasilkan.

"Aku ngga mau membawa lagu ini terlalu jauh dari lagu aslinya. Kebetulan aku sudah nonton filmnya dari awal sampai akhir dan aku jadi tahu cerita ini gimana dan dimensi seperti apa yang harus aku bawakan ke lagunya," kata Nadin Amizah, dalam acara Senja bersama Nadin Amizah: Pengumuman Lagu Tema Serial Gadis Kretek, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 29 September 2023.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Ini merupakan kali pertama Nadin Amizah menjadi pengisi soundtrack untuk serial maupun film. Selama ini, Nadin Amizah hanya melahirkan karya-karyanya sendiri dan tak jarang membuat cover lagu dari penyanyi lainnya.

Menjadi pengisi soundtrack memberikan pengalaman tersendiri bagi perempuan 23 tahun itu. Nadin Amizah bekerja sama dengan sutradara dan tim produksi serial Gadis Kretek untuk mengaransemen ulang lagu tersebut sehingga ia tidak bisa menyalurkan keinginannya saja.

"Sebagai musisi yang mengepalai karya sendiri, aku sih pengennya nyanyi lebih dramatis tapi yang menarik dari karya yang dihasilkan bersama-sama adalah isi kepala kita ngga bisa diturutin sendiri," tutur Nadin.

"Kalau lagu sendiri aku bisa take over the stage tapi kalau sebagai pengisi soundtrack aku harus sebagai pengiring aja," tambahnya.

Nadin Amizah.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Nadin Amizah sendiri nampaknya tidak sempat mengenal lebih dalam sosok Chrisye mengingat sang legenda telah meninggal dunia di waktu Nadin Amizah masih sangat kecil. Lagu Kala Sang Surya Tenggelam ini lantas memberikan tekanan bagi Nadin Amizah karena ia harus membawakannya dengan sebaik mungkin.

Nadin tidak mau mengubah lagu ini terlalu jauh meskipun ia tetap menyanyikan dengan warna suaranya sendiri. Nadin menjadikan cara bernyanyi Chrisye sebagai representasinya agar tetap ramah di telinga para penikmat musik.

"Yang jadi referensi aku adalah cara bernyanyi Chrisye langsung karena kita ngga mau ubah aneh-aneh juga dan aku dipercaya untuk membawakan sebagaimana yang aku bisa. Untuk membawakannya dari pada referensi (lagu lain) aku lebih memahami bagaimana cerita di filmnya dan itu lebih dari cukup," jelas Nadin Amizah.

Sebagai informasi, serial Gadis Kretek diangkat dari kisah novel karya Ratih Kumala. Serial ini akan ditayangkan dalam lima episode. Karakter utama dalam serial ini adalah Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. 

Dasiyah digambarkan sebagai perempuan yang suka meracik saus tembakau rokok kretek. Ia menjalin cinta dengan Soeraja (Ario Bayu), tetapi kemudian terlibat peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Soundtrack Gadis Kretek.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Berpuluh-puluh tahun kemudian, pertemuan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini dipendam. Tidak hanya berisi kisah romansa, Gadis Kretek juga membawa konflik politik hingga bisni dagang di masa lalu.

Serial ini diproduksi oleh Netflix bersama BASE Entertainment dengan showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Gadis Kretek didukung oleh sederet aktor ternama lainnya seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya