Ini 3 Manajer Sepak Bola Termahal Sepanjang Masa, Bayarannya Fantastis

Manajer Chelsea, Graham Potter
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA – Dengan tim-tim papan atas seperti Chelsea, Liverpool, Manchester United, Bayern Munich, dan Barcelona semuanya sedang mencari manajer, ada beberapa kandidat top yang tersedia. Ruben Amorim dan Xabi Alonso, khususnya, adalah nama-nama yang banyak dibicarakan oleh para penggemar. Namun, kemungkinan besar mereka akan datang dengan biaya yang tinggi.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Tapi seberapa besar biaya manajer termahal sepanjang masa? Dikutip dari TEAMTalk, berikut tiga manajer dengan biaya termahal sepanjang masa.

1. Julian Nagelsmann - RB Leipzig ke Bayern Munich seharga 21,7 juta poundsterling (sekitar Rp433.048.672.000)

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann.

Photo :
  • AP Photo/Alberto Saiz

Pada suatu waktu, Nagelsmann dianggap sebagai salah satu manajer yang akan menjadi salah satu yang terbaik di masa depan. Fakta bahwa dia dinobatkan sebagai Manajer Bundesliga pada musim 2016/17 membuat publik menyadari betapa lama dia sudah berada dalam dunia ini. 

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Namun, yang paling mengejutkan adalah kenyataan bahwa saat ini dia baru berusia 36 tahun. Ketika dia dinobatkan sebagai manajer terbaik di Hoffenheim, Nagelsmann baru berusia 29 tahun! Untuk seorang manajer muda seperti dia, dia telah mencapai banyak hal dan memberikan banyak kesan di berbagai tahap.

Pindah ke RB Leipzig pada tahun 2019, dia membawa gaya serangan yang menarik yang dicampur dengan gaya pressing Red Bull. Di Leipzig, dia meninggalkan kesan yang besar. Ini adalah tempat di mana reputasinya mencapai puncaknya. Setiap tahun, mereka terus meningkat. 

Pada musim 2019-20, Leipzig menempati posisi ketiga di Bundesliga dan berhasil masuk ke semifinal Liga Champions UEFA, sebuah pencapaian yang mengesankan untuk seorang manajer dan tim yang masih muda.

Itu adalah tim yang menampilkan para pemain top seperti Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Christopher Nkunku, Dani Olmo, Marcel Sabitzer, Timo Werner, Ademola Lookman, Tyler Adams, Ethan Ampadu, dan masih banyak lagi. Musim berikutnya (2020/21), Leipzig finis di posisi kedua di belakang juara Bayern Munich. 

Mereka juga menjadi runner-up dalam DFB-Pokal melawan Borussia Dortmund, dan menempati posisi kedua di belakang PSG serta di depan Manchester United dan Istanbul Basaksehir di grup Liga Champions mereka, sebelum akhirnya tersingkir oleh Liverpool di babak 16 besar. Itu adalah musim yang sukses bagi Leipzig dan merupakan posisi tertinggi yang mereka capai dalam dua musim berturut-turut.

Jelas bahwa Bayern ingin melemahkan rival mereka sambil memperkuat diri dengan menandatangani manajer muda yang paling menarik di sekitar. Selama masa jabatannya di Bayern Munich, Nagelsmann memenangkan satu gelar Bundesliga dan dua Piala Super Jerman. 

Namun, di musim pertamanya (2021/22), timnya tersingkir dari Liga Champions oleh Villarreal Unai Emery di babak perempat final dengan skor agregat 2-1. Ini merupakan akhir yang sangat mengecewakan untuk kampanye Liga Champions mereka mengingat harapan mereka untuk mencapai babak akhir, karena Bayern selalu menjadi salah satu favorit.

Selain itu, mereka berhasil memenangkan liga dan Piala Super, tetapi tersingkir dari DFB-Pokal hanya di babak kedua dengan kekalahan telak 5-0 dari Borussia Monchengladbach. Dengan manajer muda seperti Nagelsmann, waktu diperlukan karena mereka seringkali belajar di tempat kerja dan tidak datang dengan pengalaman yang luas, terutama di sisi elit sepakbola di mana harapan paling tinggi. Namun, waktu yang cukup tidak diberikan, dan akhirnya dia dipecat di tengah musim 2022/23.

Setelah itu, Nagelsmann sekarang menjadi manajer Jerman. Ini adalah tugas besar lainnya. Namun, kemungkinan besar dia akan berpindah dalam waktu dekat karena ada banyak tim papan atas yang membutuhkan manajer jangka panjang mereka selanjutnya.

2. Graham Potter - Brighton ke Chelsea seharga 20 juta poundsterling (sekitar Rp399.113.777.400)

Manajer Chelsea, Graham Potter

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Berikutnya adalah Graham Potter, seorang manajer asal Inggris. Pergantian dia datang sebagai reaksi terhadap peningkatan performa yang signifikan dari tim Brighton-nya pada musim 2022/23.

Potter mulai menangani Brighton pada tahun 2019 setelah pindah dari Swansea City. Pada musim 2018/19, Chris Hughton menjadi manajer Brighton, dan Potter bergabung pada bulan Mei. Brighton finis di peringkat ke-17 pada musim itu, dan dalam musim pertama penuh Potter, mereka finis di peringkat ke-15 di Liga Premier.

Musim berikutnya, mereka finis di peringkat ke-16. Meskipun peningkatan mereka hanya sedikit di atas kertas, di lapangan, gaya permainan mereka menjadi lebih menghibur dan menyerang. Ini semakin jelas pada musim berikutnya (2021/22) di mana Brighton finis di peringkat ke-9, termasuk kemenangan 4-0 yang mengesankan melawan Manchester United di akhir musim.

Kemudian, pada musim berikutnya, Potter diambil alih oleh Chelsea sebagai pengganti Thomas Tuchel yang dipecat pada bulan September 2022 setelah awal musim yang buruk dan rumor-rumor tentang ketidaksepakatan dengan pemilik baru, Todd Boehly.

Kedatangan Potter tampaknya menjadi awal dari era baru bagi Chelsea, di mana mereka mengubah strategi rekrutmen mereka untuk lebih fokus pada membawa banyak pemain muda berpotensi tinggi. Untuk mencapai kesuksesan dalam strategi ini, mereka membutuhkan seorang manajer yang percaya pada pemuda dan dapat menjadi sosok yang menarik untuk investasi jangka panjang klub.

Potter cocok dengan gambaran ini dan dibawa dengan biaya transfer yang mencetak rekor dalam sepakbola Inggris. Todd Boehly, pemilik klub, terinspirasi oleh apa yang telah dilakukan Potter di Brighton dan ingin menerapkannya di Chelsea. 

Potter adalah salah satu dari 11 staf Brighton yang direkrut oleh Boehly untuk bergabung dengan Chelsea dalam kurun waktu hanya 17 bulan. Beberapa di antaranya adalah asisten Potter, Bruno Saltor (yang kemudian menjadi manajer interim setelah Potter dipecat), Paul Winstanley, dan beberapa pemain seperti Robert Sanchez, Marc Cucurella, dan Moises Caicedo.

Tidak mengherankan jika salah satu kandidat teratas mereka untuk manajer selanjutnya adalah Roberto De Zerbi. Namun, karier Potter di Chelsea tidak berlangsung lama karena dia dipecat pada bulan April, hanya tujuh bulan setelah kedatangannya. 

Meskipun belum mencapai satu musim penuh, keputusan ini tampaknya menjadi investasi yang aneh, mengingat jumlah uang yang besar yang dihabiskan untuk mengontrak dan memecat seorang manajer dalam waktu yang begitu singkat.

Kontrak Potter ketika dia bergabung bernilai lebih dari £50 juta untuk lima tahun. Ketika dipecat, Chelsea harus membayar kompensasi yang signifikan, menjadikan Potter sebagai pengeluaran yang sangat mahal bagi klub hanya dalam waktu tujuh bulan.

Meskipun belum bergabung dengan klub lain sejak meninggalkan Chelsea, dengan adanya rumor yang mengaitkannya dengan tim seperti Manchester United, kemungkinan besar kita akan melihatnya kembali di Liga Premier dalam waktu yang tidak terlalu lama.

3. Andre Villas-Boas - FC Porto ke Chelsea seharga 13,3 juta poundsterling (sekitar Rp265.410.661.971)

Pelatih Marseille, Andre Villas-Boas, bersama skuadnya.

Photo :
  • BeSoccer

Hal yang mengejutkan dari biaya transfer ini adalah bahwa meskipun menjadi yang ketiga tertinggi, ini juga adalah kesepakatan tertua dari semuanya. Villas-Boas bergabung dengan Chelsea kembali pada tahun 2011, sedangkan empat manajer lain dalam lima besar (termasuk Brendan Rodgers yang ke Leicester di posisi keempat dan Amorim sendiri yang ke Sporting di posisi kelima) bergabung antara tahun 2019 hingga 2022, yang semuanya jauh lebih baru karena uang dalam sepakbola telah mencapai tingkat yang luar biasa tinggi.

Namun, ini menunjukkan seberapa besar Roman Abramovich, pemilik klub saat itu, mengeluarkan uang untuk membawa manajer muda asal Portugal ini, relatif terhadap pasar pada waktu itu. Pada saat itu, biaya rekor adalah 6,8 juta pound sterling yang dihabiskan oleh Real Madrid untuk membawa Jose Mourinho, yang dua kali menjadi pemenang Liga Champions, dari Inter Milan.

Keputusan Chelsea untuk merekrut Villas-Boas tampaknya terkait dengan kesuksesan klub dengan Mourinho yang disebutkan sebelumnya. Villas-Boas mulai berkarir sebagai pelatih muda dan bekerja di bawah Mourinho sebagai salah satu asistennya di Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

Setelah itu, dia memulai karir manajerialnya dengan mengelola Academica di Primeira Liga. Pada saat itu, mereka berada di zona degradasi, tetapi Villas-Boas membawa mereka lolos dengan gaya bermain menyerang yang menarik perhatian, sehingga memperoleh perhatian Porto.

Pada tahun 2010, dia menjadi manajer Porto di mana dia mengalami musim yang luar biasa untuk klub tersebut. Dia memulai musim dengan kemenangan di Piala Super Portugal melawan rival sengit mereka, Benfica.

Tim Porto di bawah arahan Villas-Boas memenangkan Primeira Liga 2010/11 tanpa terkalahkan sepanjang musim, dengan selisih poin 21 dan hanya kebobolan 13 gol. Selain itu, tim Porto juga memenangkan Piala Portugal dan Liga Eropa UEFA. Pada usia hanya 33 tahun, dia menjadi manajer termuda yang memenangkan Primeira Liga dan termuda yang memenangkan kompetisi Eropa.

Sebagai seorang manajer muda dari Portugal di Porto yang berhasil memenangkan trofi Eropa dan gelar domestik, serta memainkan sepakbola menarik tanpa kebobolan banyak gol, perbandingan dengan Mourinho adalah hal yang wajar. Abramovich pun berharap Villas-Boas akan mencapai tingkat kesuksesan yang sama di Chelsea.

Namun, sayangnya bagi Villas-Boas, dia tidak bertahan terlalu lama di Chelsea, di mana dia dipecat pada bulan Maret. Manajer sementara, Roberto Di Matteo, kemudian mengambil alih dan membawa Chelsea meraih kemenangan dalam Piala FA dan Liga Champions, yang merupakan gelar pertama mereka. Mereka juga finis di peringkat ke-6 di Liga Premier.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya