Erick Thohir Ungkap Kabar Baik Usai Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI

Nathan Tjoe-A-On
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ia melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam WIB, 11 Maret 2024.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Sejatinya Nathan dijadwalkan mengambil sumpah sebagai WNI pada Desember 2023. Ia harusnya melaksanakan agenda tersebut bersama dengan Jay Idzes.

Namun, Nathan baru dapat melaksanakannya semalam. Keadaan tersebut terjadi karena kesibukan pesepakbola berusia 22 tahun itu yang tak bisa ditinggalkan.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Kini setelah menjadi WNI, Nathan berpeluang besar melakukan debutnya berseragam Timnas Indonesia saat laga melawan Vietnam. Duel lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut dilangsungkan dimainkan sebanyak dua kali.

Pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 21 maret 2023.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Kemudian gantian Timnas Indonesia yang melawat ke markas Vietnam. Laga tersebut dilaksanakan di Stadion Nasional My Dình, Selasa (26/3).

Jelang menghadapi dua pertandingan versus Vietnam, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Nathan menjadi satu di antara nama yang diajak ambil bagian.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya tak mau berjanji apakah Nathan akan dapat dimainkan pada laga pertama 21 Maret. Namun, dia memastikan bahwa PSSI terus berusaha untuk menyelesaikan proses naturalisasi Nathan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, Nathan tinggal selangkah lagi dapat memperkuat Timnas Indonesia. Dia yakin, sang pemain bisa main untuk menghadapi Vietnam pada 21 Maret 2024.

"Tadi malam, Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI," tulis Erick Thohir di instagramnya.

"Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela Timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik. Insya Allah Nathan bisa memperkuat Indonesia saat melawan Vietnam pada 21 Maret mendatang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya