Logo WARTAEKONOMI

Facebook Keok Sama Tik Tok?

Facebook Keok Sama TikTok?. (FOTO: KrAsia)
Facebook Keok Sama TikTok?. (FOTO: KrAsia)
Sumber :
  • wartaekonomi

Tik Tok jadi aplikasi jejaring sosial yang paling banyak diunduh secara global pada kuartal pertama 2019 dengan total 188 juta pengunduh. Mereka mengalahkan Facebook yang hanya meraih 176 juta pengunduh, menurut data Sensor Tower.

Melansir KrAsia (17/5/2019), aplikasi milik ByteDance itu juga membuat Facebook tumbang di India, yang menyumbangkan 47% total unduhan. Sementara Facebook hanya meraih angka 21% pengunduh di negara tersebut.

Meskipun begitu, tahta Facebook sebagai aplikasi dengan pengguna terbanyak masih belum tergeser oleh Tik Tok. Perusahaan besutan itu memiliki sekitar 300 juta pengguna di India, sedangkan Tik Tok baru memiliki 200 juta pengguna, berdasarkan data Statista yang dilaporkan oleh The Economic Times.

Lebih lanjut, pertumbuhan Tik Tok di kuartal II 2019 mungkin juga akan terhambat oleh larangan sementara di India yang dikeluarkan pada April lalu. Sensor Tower pun memproyeksikan Tik Tok akan kehilangan peluang meraih pengguna baru hingga 15 juta.

Sebagai salah satu pasar ponsel pintar yang bertumbuh cepat di dunia dengan populasi lebih dari 1,3 miliar orang, di mana 40% di antaranya terhubung ke internet, India jadi pasar pertumbuhan utama bagi perusahaan internet dan teknologi. Tak jauh berbeda dengan Indonesia di Asia Tenggara.

Pasar ponsel pintar India mengirimkan 32,1 juta unit pada kuartal I 2019. Angka itu naik 7,1?ri tahun ke tahun (yoy), sedangkan pasar global turun 6%, menurut IDC.

Sementara itu, populasi internet di negara Bollywood itu diharapkan tumbuh dua digit. Lembaga riset pasar, Kantar IMRB memprediksikan pertumbuhan itu mencapai angka 627 juta pada 2019.