Logo WARTAEKONOMI

Pesan Grabfood dan Gofood Kini Bisa Lewat Instagram

Logo Instagram di kantor pusatnya di New York, Amerika Serikat (AS).
Logo Instagram di kantor pusatnya di New York, Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • Instagram/@elena_gavin354

JAKARTA – Media sosial Facebok resmi meluncurkan layanan fitur dagang online, Shops. Layanan ini bertujuan membantu para pelaku usaha kecil dan menengah untuk menampilkan serta menjual produknya di platform milik Mark Zuckerberg itu. Sebagai gambaran untuk Indonesia, pelaku UKM bisa menautkan akun Instagram bisnis mereka ke fitur pemesanan makanan/minuman lewat aplikasi GrabFood dan GoFood.

Hal tersebut karena Fitur Shops nantinya akan terintegrasi antara Facebook dan Instagram. Akan sangat memungkinkan melakukan transaksi pembelian di fitur ini. Sedangkan fitur perpesanan yang lebih terintegrasi akan memungkinkan pelanggan untuk mengobrol dengan pedagang melalui WhatsApp Messenger maupun Instagram Direct Message.

Layanan itu melengkapi fitur belanja daring terbatas yang Facebook luncurkan di Instagram dan WhatsApp tahun lalu. Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan media sosialnya akan bekerja sama pada integrasi produk dengan Shopify.

Ia juga mengaku sedang membahas rencana kerja sama dengan tujuh platform perdagangan online lainnya yang akan datang. Seperti halnya fitur-fitur e-commerce Facebook lainnya, Shops akan bebas untuk diakses oleh pelaku usaha dengan harapan hal itu akan meningkatkan keterlibatan konsumen dan penjualan iklan.

"Kami ingin menciptakan platform yang ramah terhadap bisnis sehingga mereka menghasilkan pendapatan iklan secara langsung, bahkan ketika pertumbuhan pengguna melambat. Model bisnis kami di sini adalah iklan. Kami juga tahu bahwa Shops berguna untuk pelaku usaha. Mereka akan menghasilkan iklan dan pada akhirnya kami akan menghasilkan uang dengan cara itu," kata Zuckerberg, Jumat, 22 Mei 2020.

Facebook Shops bakal memungkinkan bisnis memiliki toko daring yang bisa diakses lewat Facebook dan Instagram. Fitur Checkout juga akan memungkinkan pembelian dalam aplikasi. Selain itu, ada pula fitur perpesanan yang akan menghubungkan pelanggan dengan bisnis melalui WhatsApp, Facebook Messenger, ataupun Instagram Direct Message.

LIHAT ARTIKEL ASLI »