Gelar 'Yang Mulia' Pangeran Harry Dihapus dari Situs Web Keluarga Kerajaan Inggris

Pangeran Harry.
Sumber :
  • Harpo Productions/Joe Pugliese

INGGRIS – Pangeran Harry tidak lagi disebut sebagai 'Yang Mulia' di situs web keluarga kerajaan Inggris. Diketahui, gelar Harry telah dihapus di situs tersebut, lebih dari 3 tahun setelah dia dan istrinya, Meghan Markle, mengundurkan diri dari peran mereka sebagai bangsawan pekerja senior. 

Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

Outlet berita Inggris, Express, menyatakan pada Jumat 4 Agustus 2023 bahwa Duke of Sussex disebut 'Yang Mulia' sebanyak dua kali dalam biografinya di situs web kerajaan, meski mereka telah keluar dari kerajaan sejak 2020. Namun, kini gelar tersebut telah dihapus dari situs web pada Selasa 8 Agustus 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Menurut outlet berita tersebut, situs web kerajaan tampaknya tidak diperbarui sepenuhnya sejak kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. 

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

"Situs web Keluarga Kerajaan berisi lebih dari 5 ribu halaman informasi tentang kehidupan dan pekerjaan Kerajaan. Menyusul kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II, konten telah ditinjau kembali dan diperbarui secara berkala. Beberapa konten mungkin kedaluwarsa hingga proses ini selesai," kata Istana Buckingham kepada situs tersebut, dilansir AceShowbiz, Kamis 10 Agustus 2023. 

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Dalam laporan baru, profil Harry juga telah dipindahkan lebih rendah di halaman arahan situs web. Profil Harry dan Meghan sekarang dapat ditemukan di bawah profil anggota keluarga kerajaan yang bekerja, sementara Pangeran Andrew terdaftar terakhir di halaman arahan. 

Dukue of York telah kehilangan penggunaan gelar HRH (His Royal Highness), peran militernya, dan perlindungan kerajaannya pada Januari 2022, menyusul tuduhan pelecehan seksual, yang dia bantah dengan keras. 

Tak lama setelah keputusan Harry dan Meghan untuk mundur dari tugas kerajaan mereka, Istana mengeluarkan pernyataan terkait gelar baru pasangan itu. 

"Keluarga Sussex tidak akan menggunakan gelar HRH mereka karena mereka tidak lagi bekerja sebagai anggota Keluarga Kerajaan. Meski begitu, pasangan ini masih secara resmi disebut sebagai Duke dan Duchess of Sussex," bunyi pernyataan Istana. 

Meski mengundurkan diri dari tugas kerajaannya, Harry tetap berada di garis suksesi takhta. Dia memegang tempat kelima di belakang saudara laki-lakinya, Pangeran William, serta tiga anak saudara laki-lakinya dan Kate Middleton, Pangeran George (10), Putri Charlotte (8) dan Pangeran Louis (5). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya