Curhat Jeremy Teti 4 Kali Sakit Batu Ginjal, Kambuh Tiap 2 Tahun

Jeremy Teti.
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Presenter Jeremy Teti mengungkap bahwa dia mengidap sakit batu ginjal. Dia mengaku bahwa sakitnya itu selalu kambuh dalam kurun waktu dua tahun. Ia mengaku bingung. Padahal, dia sudah berupaya untuk selalu menjalani pengobatan.

Sarwendah Jalani Operasi, Sakit Apa?

"Sudah 4 kali (kambuh), setiap dua tahun sekali, itu operasi, itu diambil. Entah diambil lewat lubang penis kita atau dimasukin kamera dia ambil alat dikeluarin batunya, uh ngilunya minta ampun. Terus ada teknologi penghancur batu ginjal lewat sinar, tembakan itu. Itu udah dijalanin berkali-kali, itu 6 kali, operasi sudah tiga kali, masih aja kambuh lagi," kata Jeremy Tety saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Agustus 2023.

Jeremy Teti

Photo :
  • Instagram @tetijeremy
Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Ketika kambuh, Jeremy mengaku merasakan sakit yang luar biasa. Batu itu seukuran biji lada. Ia juga bercerita pernah kambuh ketika sedang dalam pesawat penerbangan Jakarta - Yogyakarta. 

"Itu kalau sakit pinggang sakitnya aduh minta ampun. Batunya segede biji lada, tapi kalau dia bergeser sedikit, sakitnya minta ampun, itu yang parahnya di situ," kata Jeremy.

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

"Terakhir itu bulan April, penerbangan Jakarta-Yogyakarta. Aduh pas sakit itu pinggang gue uda sakit ke kanan ke kiri. Aku minta air panas beberapa kali. Untung pramugarinya baik," tambahnya.

Jeremy paham bahwa semua itu kembali ke pola hidupnya tentang bagaimana menjaga kesehatan. Ia juga berpikir bahwa mungkin saja sakitnya itu ada dari faktor genetik.

"Sudah dijaga (pola hidup), minum makan semuanya. Ya namanya kita jaga pasti ada kecolangan ya, tidak boleh makan sayur warna hijau, tidak boleh makan semua jenis kacang-kacangan, sudah dicoba. Memang kecolongan, kecolongan banyak, apa faktor minum juga kali ya. Mungkin juga kurang minum berpengaruh, kayaknya menurut aku genetik, karena adik aku juga sama yang laki-laki," ucap Jeremy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya