Dian Sastrowardoyo Ungkap Pengalaman Jadi Murid Rocky Gerung: Itu Nightmare Gue!

Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

JAKARTADian Sastrowardoyo mendapatkan banyak pengalaman berharga semasa kuliah S1 Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia. Terutama saat menggarap skripsi, rupanya aktris pemain serial Gadis Kretek itu menjadi anak bimbingan Rocky Gerung yang saat itu masih menjabat sebagai dosen.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Menurut Dian Sastrowardoyo, Rocky Gerung merupakan salah satu dosen terbaik yang pernah ia kenal. Namun, kepribadian Rocky Gerung tak jarang membuat Dian merasa bahwa itu adalah sebuah mimpi buruk baginya. Bahkan tidak ada satupun mahasiswa yang bisa mengalahkan ketelitian dan pengetahuan Rocky Gerung saat mengajar.

"Itu dulu nightmare gue setiap kali bimbingan sama dia. Bukan lagi, benar-benar (deg-degan). Gue setiap bimbingan malas, aduh galak banget, galak parah. Lo kan suka ngelihat dia lagi roasting siapa gitu, ya kebayang nggak mahasiswanya di-roasting sama dia," ungkap Dian Sastrowardoyo di YouTube Denny Sumargo, dikutip Jumat 15 Maret 2024.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Di sisi lain, Dian Sastrowardoyo juga memaklumi cara bersikap Rocky Gerung terutama saat sedang mengajar di kelas. Menurutnya, itu adalah cara sang dosen melatih kekuatan mental para mahasiswanya dan intelektual mereka dalam menyelesaikan tugas.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Cuma memang itu cara dia ngajar kali ya. Jadi dia pengen kita tuh bagus, mentality-nya habis. Pokoknya kalau misalnya lo ketahuan ngarang bebas, misal disuruh baca buku yang jadi PR lo, terus lo nggak beneran baca dan sok ngarang berlagak ngerti, wah habis. Dia tahu, habis. Jadi mending baca saja deh daripada lo nggak lewat," sambungnya.

Dian Sastrowardoyo menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang yang berintelektual, ia harus melewati proses purgatory, di mana ia sudah berusaha keras dan susah payah menjadi orang yang cerdas. Hal itu juga didapatkan oleh Dian Sastrowardoyo dari ilmu pengetahuan yang diberikan olh Rocky Gerung.

"Dia suka bikin analoginya, orang kalau mau jadi pintar itu kayak proses Dante, Dante Alighieri, purgatory intelektual. Kalau lo mau pintar, lo harus lewati api penyucian yang nggak enak banget. Jadi katanya kalau mau pintar juga lo harus lewati api neraka yang nggak enak banget," papar Dian.

"Itu begadang-begadang baca buku dan segala macam itu nggak enak banget, gue menghadapi Rocky Gerung nggak enak banget. Maaf ya, Pak, ampun," sambungnya.

Selama berkuliah, rupanya Dian Sastrowardoyo sama sekali tidak mendapatkan perlakuan khusus dari Rocky Gerung meskipun ia adalah seorang aktris terkenal. Dian Sastrowardoyo dipandang sama rata dengan mahasiswa lainnya tanpa dilihat latar belakangnya.

"Dulu kalau di kelasnya dia, kita semua bukan siapa-siapa, sama semua. Jadi enggak ada tuh perlakuan khusus, enggak bisa, memang harus belajar, kerjain PR, lewatin," ungkap Dian Sastrowardoyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya