Iwan Fals Ungkap Miliki Ritual Menanam Pohon Setiap Manggung dalam Kontraknya

Iwan Fals
Sumber :
  • VIVA/ Deddy Setiawan

Jakarta – Iwan Fals yang merupakan musisi dan pencipita lagu legendaris di Indonesia mengungkap bahwa dirinya memiliki ritual, yaitu menanam pohon. Ia mengungkapkan hal itu saat berada di Konferensi Pers  “Gaung Merah SeGALAnya” yang diadakan di Cultural Hall Pos Bloc Jakarta, Jakarta Pusat.

Jimmy Nazwar Rao dan Posan Tobing Kolaborasi untuk Lagu Hebat

Dalam kesempatan ini, Iwan Fals senang dirinya dapat kembali manggung dan bisa berkolaborasi serta menanam pohon untuk daya hidupnya:

Iwan Fals Menerima Bibit Pohon

Photo :
  • VIVA/ Deddy Setiawan
Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

“kangen, kini sedang dilatihkan kembali manggung , kan kemarin pandemi. Harapan saya dalam kolaborasi kali ini untuk memantik daya hidup lebih lagi, serta tidak lupa menanam pohon lebih banyak.” Ungkap Iwan Fals.

Kemudian Iwan Fals mengungkap bahwa dirinya memiliki ritual setiap main (manggung), dan bercerita itu semua berawal ketika ia manggung di tahun 1981.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

“Saya punya ritual menanam pohon setiap main. Bermula di tahun 1981, saat itu manggung di Kalimantan, saya mulai menciptakan lagu. Titik pointnya saat main di mentawai, melihat daun-daun itu tempat tuhan. Bagaimana kalau tempat tuhan itu di rusak?” Tuturnya.

Ia bercerita juga bahwa pohon dalam kepercayaanya harus dilindungi, setelah orang tua, perempuan.

“Bagaimanapun kalau kalian punya satu pohon ya harus ditanam.sebagaimana dalam keyakinan saya, perempuan orang tua dan pohon pohon harus dilindungi.” Timpalnya.

Ia mengingatkan, jika kita (manusia) menyakiti pohon, sama saja dengan menyakiti pohon, karena itu semua berdampak dengan kehidupan di Bumi.

Iwan Fals

Photo :
  • VIVA/ Deddy Setiawan

“Pohon itu memberikan keteduhan, jika menyakiti pohon sama aja menyakiti diri sendiri. Orang jahat pun rusak kena dampak dari kerusakan pohon dan bumi.”. Sambungnya.

Iwan Fals bercerita jika ritualnya menanam pohon itu didukung oleh keluarga dan orang sekitarnya. Ia bahkan menuturkan setiap kali dia manggung, di dalam kontraknya selalu ada agenda mewajibkan menanam pohon.

“Berawal restu dari keluarga. setiap main, selalu ada kontrak menanam pohonnya. Kita bisa memulai dengan menanam pohon di rumah, saya pun juga pernah diajakin pemerintah menanam pohon..” Pungkas Iwan Fals.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya