Kisah Kelam Wilfried Zaha di MU Ibarat Hidup di Neraka

Wilfried Zaha saat masih memperkuat Manchester United
Sumber :
  • Manchester Evening News

VIVA – Wilfried Zaha memiliki peluang untuk bersinar di Old Trafford minggu ini dengan cara yang tidak bisa dia lakukan saat masih menjadi pemain Manchester United.

Hasil Lengkap Liga 1: Klub Milik Raffi Ahmad Resmi Degradasi, MU Lolos Championship Series

Pemain sayap yang kini berusia 30 tahun itu akan menghadapi mantan klubnya di Liga Champions bersama Galatasaray, saat kedua belah pihak saling berhadapan di Grup A.

Zaha menandatangani kontrak dengan juara Turki musim panas ini, meninggalkan klub masa kecilnya Crystal Palace dan mengakhiri 11 tahunnya di klub yang terbagi dalam dua periode.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Tahun ini menandai 10 tahun sejak bintang kelahiran Pantai Gading itu pindah ke Old Trafford senilai £10 juta di musim Setan Merah memenangkan gelar Liga Premier terakhir mereka.

Zaha, yang tampil cemerlang di Championship bersama Palace pada paruh pertama musim 2012/13, sempat menarik perhatian manajer Peterborough United Darren Ferguson, putra bos legendaris Man United, Sir Alex Ferguson.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Tidak lama kemudian Palace setuju untuk menjual pemain sayap superstar mereka, yang saat itu baru berusia 20 tahun, dengan Zaha kembali dengan status pinjaman selama sisa musim untuk membantu mereka memenangkan promosi ke Liga Premier.

Namun desakan promosi dan kepindahan besar ke Man United mereda karena Zaha, yang tidak menyangka Ferguson, orang yang menginginkannya, akan meninggalkan klub barunya pada musim panas itu.

Neil Warnock, pelatih Palace, mengatakan kepada talkSPORT Breakfast musim panas lalu: “Saya mengontraknya [kembali] ketika saya pergi ke Crystal Palace. Dia selalu dicintai di sana. Saya ingin melihatnya pergi ke klub top lainnya.

“Ketika dia kembali kepada saya ketika saya mengontraknya kembali. Saya ingat berbicara dengannya di kantor ketua.

“Saya berkata kepadanya, ‘Apakah hubungan Anda baik-baik saja dengan Sir Alex?’ Dia berkata, ‘Dia tidak pernah berbicara dengan saya sekali pun’. “Dia masih muda dan pergi ke sana dan tidak mendapatkan banyak bantuan.”

Kedatangan David Moyes juga menimbulkan masalah bagi Zaha. Dengan waktu bermain yang minim dan harus tinggal sendirian di Manchester.

Mantan pemain timnas muda Inggris itu menjelaskan betapa sulitnya hal itu baginya, bahkan menggambarkan situasinya sebagai ‘neraka’.

Berbicara kepada Shortlist, dia berkata: “Jelas, bergabung dengan United tidaklah mudah, jadi tidak diberi kesempatan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Saya tidak menyesali apa pun karena itu membuat saya lebih kuat. Saya merasa seolah-olah saya bisa menghadapi apa pun sekarang.

“Saya melalui banyak hal bersama United, bersama Inggris. Ada rumor bahwa alasan saya tidak bermain [banyak pertandingan] untuk United adalah karena saya tidur dengan putri [manajer saat itu] David Moyes, dan tidak ada seorang pun [di klub] yang berusaha menjelaskannya.

“Jadi aku melawan iblisku sendirian, rumor yang aku tahu ini tidak benar. Saya menghadapi hal ini pada usia 19 tahun, tinggal di Manchester sendirian, tidak dekat dengan orang lain, karena klub memegang kendali atas tempat tinggal saya.

“Mereka tidak memberi saya mobil, seperti yang dimiliki pemain lainnya. Tidak ada apa-apa. Saya tinggal di neraka ini sendirian, jauh dari keluarga saya, dan saya berpikir, “Jika ini tidak membuat saya lebih kuat, apa lagi?”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya