Gawat, Dosa Sir Jim Ratcliffe Dibongkar Usai Jadi Pemilik MU

Sir Jim Ratcliffe
Sumber :
  • MANCHESTER EVENING NEWS

VIVA – Ketika Sir Jim Ratcliffe mengumumkan niatnya untuk mengajukan penawaran untuk Manchester United pada awal tahun ini, para aktivis lingkungan dengan cepat menyampaikan keyakinan mereka bahwa setiap pembelian salah satu klub sepakbola terbesar di dunia akan menjadi tindakan greenwashing.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Greenwashing adalah strategi pemasaran dan komunikasi untuk memberikan citra yang ramah lingkungan akan tetapi palsu belaka.

Ineos, perusahaan kimia terbesar keempat di dunia, akhirnya menyelesaikan pembelian 25 persen saham klub tersebut seharga £1,25 miliar pada Malam Natal.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Namun sejak bulan Januari, organisasi lingkurangan, Greenpeace melontarkan pernyataan bahwa akan menjadi bencana besar bagi United untuk menerima Ratcliffe.

Sebabnya, Ineos terbukti hat-trick melakukan kerusakan lingkungan – minyak dan gas, plastik dan limbah. bahan kimia pertanian.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Dale Vince, pemilik Forest Green Rovers, (klub sepakbola vegan pertama di dunia) mengatakan kepada The Athletic bahwa Ratcliffe “tidak boleh diizinkan memiliki klub Premier League, sama seperti yang tidak boleh dilakukan oleh negara-negara penghasil minyak.”

Dan bagi Vince, ada aspek lain yang patut dipertimbangkan: “Ada masalah pajak yang menjadi inti permasalahan ini – apakah Ratcliffe tinggal dan membayar pajak di Inggris?” dia berkata.

“Berbagai dana minyak dan negara bagian [yang terlibat dalam klub-klub Liga Premier lainnya] tidak melakukannya,”

“Perkiraan jumlah emisi karbon yang disumbangkan Ineos setiap tahunnya sangat mengejutkan dan sikap pro-fracking mereka sangat tidak populer,” sambungnya.

Di sisi lain, Ratcliffe telah berbicara dalam beberapa kesempatan tentang bagaimana membeli klub Inggris mewakili nilai uang yang sangat buruk. Namun, kecintaanya kepada MU sebagai klub idolanya sejak kecil membuatnya menyampingkan hal itu.

Saudara laki-lakinya, Bob, yang mengepalai tim sepakbola Ineos, pernah menjadi pemegang tiket musiman di Stamford Bridge dan mengatakan ada keengganan untuk membayar kemungkinan membeli klub dari Roman Abramovich karena stadion tersebut.

Dan pada tahun 2019 ia mengatakan bahwa “cukup sulit untuk merasionalisasi pembelian di Liga Premier” karena nilai yang lebih baik ditawarkan di seluruh Eropa – misalnya dengan pembelian klub Ligue 1 Nice.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya