Logo DW

Facebook Dicecar Terkait Unggahan Islamofobia

Bos Facebook Mark Zuckerberg.
Bos Facebook Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Sott

Facebook dicecar terkait unggahan Islamofobia. Sebab, media sosial milik Mark Zuckerberg itu dituduh membiarkan unggahan anti-Muslim dipublikasi.

Jajaran eksekutif Facebook India menghadapi hujan pertanyaan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi Teknologi Informasi di parlemen menyusul dugaan bias politik dan ikut mempermudah penyebaran ujaran kebencian kepada umat Muslim atau Islamofobia oleh politisi dan simpatisan partai pemerintah.

Baca: Facebook dan India Main Mata soal Unggahan Anti-Islam

Sidang tertutup itu digelar menyusul laporan harian AS, Wall Street Journal, yang melaporkan Facebook menutup mata terhadap hasutan kebencian terhadap Muslim atau Islamofobia yang disebarkan fungsionaris Partai Bharatiya Janata (BJP). Raksasa media sosial itu menepis tuduhan tersebut.

Seusai rapat selama tiga setengah jam, komisi "setuju melanjutkan diskusi pada waktu yang belum ditentukan, termasuk dengan perwakiilan Facebook," tulis Ketua Komisi, Sashi Tharorr, lewat akun Twitternya.

India adalah pasar terbesar bagi Facebook dengan sekitar 328 juta pengguna. Sementara layanan pengiriman pesan milik Facebook, WhatsApp, sejauh ini tercatat memiliki 400 juta pengguna di negeri anak benua itu.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna, Facebook kian terseret ke tengah medan perseteruan politik di India. Partai BJP pimpinan PM Narendra Modi terutama menjadi sorotan, lantaran menjalankan kampanye digital yang dipenuhi tuduhan miring dan serangan verbal terhadap minoritas Muslim.