Bamsoet Sebut Mobil China Ini Cocok Buat Anak Muda yang Kantongnya Tipis

Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Waketum Golkar Bamsoet
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Sejumlah merek kendaraan China berlomba-lomba menancapkan kuku bisnisnya di RI. Terbaru ada BAIC yang merupakan jenama asal Beijing Automotive Group Co., Ltd, dan menempati urutan ke-5 industri otomotif Tiongkok.

All New Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Jadi Pesaing Honda CR-V Hybrid di RI

BAIC masuk pasar Indonesia melalui PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) yang merupakan anak usaha JHL Group sebagai distributor, atau importir mobil Jeep. Ada 2 model SUV yang mereka tawarkan, yakni BAIC BJ-40 Plus dan BAIC X55-II.

Mobil China BAIC

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo
Mengerikan Bocah di Sidoarjo Tewas Terlindas Mobil Tetangganya, Pentingnya Paham Area Blind Spot

BJ-40 Plus merupakan SUV penggerak empat roda alias 4X4, dengan model dan disain yang gagah, tampilan yang menarik dan tangguh serta dapat memberikan kesan macho yang sangat kental. Model ini beberapa kali mengikuti kejuaraan reli terberat di dunia, yaitu Paris-Dakkar.

Mobil gagah itu hadir dengan satu pilhan mesin bensin 4 silinder, 16 valve berkapasitas 2.000cc DOHC turbocharger, yang dapat memuntahkan tenaga 221 dk, dan torsi 380 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik 8-percepatan lansiran Jerman ZF Friedrichshafen.

Punya Gaji Sebesar Ini Baru Bisa Kredit Mobil Listrik BYD Paling Mahal di RI

Mobil SUV asal negeri tirai bambu itu dibekali sistem penggerak empat rodanya electronic transfer case dengan rear differential lock dari Borg-Wagner Jerman, yang diklaim mumpuni untuk menerabas medan berat.

Berbeda dengan BAIC X55-II yang terlahir sebagai medium SUV. Dipersenjatai mesin bensin 4 silinder, 16 valve berkapasitas 1.500cc DOHC turbo, artinya secara spesifikasinya menjadi pesaing Honda HR-V RS Turbo, dan Chery Omoda 5.

Enjin tersebut dapat menghasilkan tenaga 175 dk, dan torsi 300 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik double clutch 7-percepatan ke roda depan. Untuk mengajaknya berlari dari diam sampai 100 km per jam diklaim memerlukan waktu 7 detik.

Mengingat kedua mobil tersebut statusnya masih soft launching, maka harga jualnya baru akan diumumkan saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di 18 Juli 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Saat perkenalan produk sekaligus jaringan diler mereka di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo turut hadir, dan menyebut bahwa harga kedua mobil asal Tiongkok itu masih terjangkau.

Bamsoet sapaan akrabnya menyebut, bawa BJ40 yang secara bentuk menyerupai Mercedes-Benz G-Class, bocoran harganya di bawah Rp1 miliar, dan X55-II sekitar Rp500 jutaan, sehingga bisa jadi alternatif.

“Belakangan di Indonesia terutama produk China banyak diburu, karena murah, kualitas bagus, terutama cocok buat anak muda yang kantonya belum tebal-tebal banget. Pengen punya Jeep Mercy dan Rubicon harganya terlalu mahal, jadi hadirnya BAIC ini bisa jadi pilihan,” ujar Bamsoet di Tangerang, Selasa 14 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya