160 Ribu Artis Hollywood Mogok Kerja

Para artis dan penulis naskah Hollywood mogok kerja
Sumber :
  • NPr

Los Angeles – SAG-AFTRA, serikat pekerja yang mewakili aktor dan artis Hollywood, telah memilih untuk melakukan pemogokan terhadap studio-studio besar. 

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Dewan nasional serikat membuat keputusan setelah negosiasi yang gagal dengan Aliansi Produser Film dan Televisi. Setelah upaya terakhir, yang dipantau oleh mediator federal, kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan.

Aktor dan aktris Hollywood pun telah bergabung dengan pemogokan bersama penulis skenario dalam penutupan terbesar industri hiburan itu selama lebih dari 60 tahun.

Baca Al-Quran Sampai Khatam, Ini Agama Asli Will Smith

SAG-AFTRA

Photo :
  • NPR

Selama pemogokan berlangsung, aktor tidak dapat tampil di film atau bahkan mempromosikan film yang telah mereka buat. 

Will Smith Diam-diam Baca Al-Quran saat Ramadhan: Begitu Terang nan Jelas

Sekitar 160.000 artis berhenti bekerja di Los Angeles, menghentikan sebagian besar produksi film dan TV di AS, dilansir dari NPR, Jumat, 14 Juli 2023.

Screen Actors Guild (SAG), ingin perusahaan streaming menyetujui pembagian keuntungan yang lebih adil dan kondisi kerja yang lebih baik. Mereka juga ingin melindungi aktor agar tidak direbut oleh replika digital. 

Serikat pekerja juga mencari jaminan bahwa kecerdasan buatan (AI) dan wajah serta suara yang dihasilkan komputer tidak akan digunakan untuk menggantikan para aktor. 

98 persen anggota SAG-AFTRA telah melakukan pemogokan, dan baru-baru ini, daftar panjang aktor terkenal, termasuk Meryl Streep dan presiden serikat, Fran Drescher, menandatangani surat kepada negosiator yang meminta mereka untuk tidak menyerah pada studio. 

"Kami siap mogok. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk mendapatkan kontrak yang lebih bagus," kata Jamila Webb, aktor dari serial Netflix Family Reunion dan Hulu's Reboot. 

Dia telah melakukan demo dalam solidaritas dengan penulis, dan bersiap menjadi kapten demo untuk SAG-AFTRA. "Saya tahu kadang-kadang Hollywood merasa seperti berada dalam gelembung sendiri, tetapi ini adalah kesempatan untuk benar-benar menyampaikan pesan kepada orang-orang yang, seperti, ‘Hei, apakah acara saya akan tayang di Musim Gugur?' Tidak, dan inilah alasannya." 

SAG-AFTRA dan perwakilan studio-studio besar dilaporkan berselisih tentang beberapa masalah, termasuk berapa banyak pemain yang harus mendapatkan bayaran dari platform streaming. Aktor meminta kompensasi yang lebih tinggi ketika film atau serial yang mereka bintangi menjadi hits di kalangan penonton.

Para artis dan penulis naskah Hollywood mogok kerja

Photo :
  • NPr

Ada juga ketidaksepakatan atas penggunaan kecerdasan buatan. Aktor mengatakan mereka tidak ingin digantikan oleh gambar yang dihasilkan komputer, mereka menginginkan kendali atas di mana dan bagaimana keserupaan mereka digunakan.

Beberapa aktor turun ke Instagram untuk menyuarakan dukungan mereka untuk pemogokan tersebut, termasuk bintang Better Call Saul Bob Odenkirk, Cynthia Nixon dari Sex and the City dan bintang besar Hollywood Jamie Lee Curtis. 

Demonstrasi dan mogok kerja akan dimulai pada Jumat pagi di luar kantor pusat Netflix di California, lalu beralih ke Paramount, Warner Bros, dan Disney. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya