Deretan Band dan Musisi Diisukan Pernah Ribut dengan Ahmad Dhani, Ada Slank dan Peterpan

Ahmad Dhani
Sumber :
  • IG @ahmaddhaniofficial

JAKARTA – Ahmad Dhani merupakan salah satu musisi yang tak diragukan lagi dalam menciptakan lagu. Namun di balik sosoknya yang piawai dalam membuat lagu-lagu hits, dia juga tak lepas dari sejumlah kontroversi.

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

Ayah dari Al, El dan Dul ini dikenal sebagai sosok tegas yang sempat dikabarkan tak akur dengan sejumlah musisi lain. Sebut saja Once mantan vokalis Dewa 19. Ahmad Dhani melarang Once untuk membawakan lagu milik Dewa 19.

Tak hanya Once, terbaru Ahmad Dhani juga sempat bersitegang dengan grup band seperti Peterpan yang kini berganti nama menjadi NOAH hingga Slank. Lantas seperti apa ceritanya? Berikut ini rangkumannya melansir dari berbagai sumber.

Jimmy Nazwar Rao dan Posan Tobing Kolaborasi untuk Lagu Hebat

1. Once Mekel

Once Mekel

Photo :
  • VIVA / Aiz Budhi
Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Awal tahun ini Ahmad Dhani sempat menghebohkan publik dengan membuat larangan kepada Once Mekel untuk membawakan lagu dari Dewa 19.  Alasan Ahmad Dhani tersebut karena ia dan personilnya akan kembali tur di kota-kota Indonesia setelah lebaran nanti. Ahmad Dhani mengaku tidak mau orang lain yang terlibat dalam tur membawakan lagu-lagu Dewa 19 di luar konser dengan band.

Larangan Ahmad Dhani kepada Once untuk tidak membawa lagu-lagu Dewa 19, disebut juga untuk melindungi hak eksklusif promotor yang menggaet konser Dewa 19 sepanjang 2023. Selain itu, Ahmad Dhani pernah berbicara tentang Once yang selama ini tidak pernah membayar royalti saat membawakan lagu milik Dewa 19.

Namun belakangan hubungan Once Mekel dan Ahmad Dhani saat ini diketahui mulai membaik. Soal royalti antara Once Mekel dan Ahmad Dhani telah tuntas dilakukan, dan ia juga tak ingin memperkeruh masalah itu kembali di kemudian hari.

Once bahkan tak menampik masih membuka diri untuk menjadi vokalis Dewa 19, tapi masih menunggu adanya ketegasan dari pemerintah soal undang-undang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu atau Musik.

“Masih mau kalau masalah ini sudah beres. Ya saya berharap masalah ini (royalti) ada ketegasan dari Pemerintah, ya berharap segera selesai lah,” kata dia.

Ahmad Dhani.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

2. Anda Perdana Bunga

Selama dua dekade lamanya, belum lama ini Anda Perdana buka suara soal isu perseteruannya dengan Ahmad Dhani. Perseteruan di antara keduanya karena persaingan antara band-band jebolan Potlot dengan Dewa 19.

Namun Anda menjelaskan rinci awal mula keduanya berseteru setelah bandnya dan Dewa 19 bertemu dalam ajang AMI Awards. Insiden bermula saat Anda Perdana tampil bersama Bunga di atas panggung. Bunga tampil sebagai penutup setelah Dewa 19 dan Slank yang juga tampil sebelumnya.

“Saat Bunga main, kita bawakan lagu U2 bukan lagu Bunga malah, akhirnya bawakan lagu With or Without You, saat lagi main, Ahmad Dhani dari atas naik tiba-tiba ikut nyanyi, dan Ahmad Dhani masukin lagu No Woman No Cry juga,” kata Anda Perdana.

Namun dirinya baru merasa mulai marah dengan Ahmad Dhani setelah seorang wanita yang disukainya mengadu tentang perilaku Ahmad Dhani. Dia kemudian bereaksi dengan menyiram kaki Ahmad Dhani.

Setelah itu, Anda juga mengaku sempat disiram seseorang yang ternyata diketahuinya adalah Ahmad Dhani. Persitegangan memanas hingga membuat keduanya meradang. 

3. Peterpan

Noah, Nama Baru Peterpan

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Ahmad Dhani sempat membuat kritikkan terhadap karya Ariel Peterpan. Sebagai musisi senior, Ahmad Dhani menyebut bahwa album pertama Peterpan bertajuk 'Taman Langit' pada tahun 2003 itu tak memiliki arah.

"Album pertama Peterpan pernah dikritik sama orang yang memang pintar bikin lagu. Saat itu, saya belum kenal Mas Dhani," ujar Ariel dalam video Youtube beberapa tahun lalu.

Ariel juga mengatakan bahwa kritik Ahmad Dhani sendiri justru membangun Peterpan berjalan dengan lebih baik. Diakui Ariel NOAH, album debut peterpan memiliki lagu yang tak jelas makna serta liriknya yang tak terarah.

Kendati begitu, pemilik nama lengkap Nazriel Irham ini mengaku tak sakit hati sama sekali dengan kritik Ahmad Dhani. Ia menjelaskan bahwa kritikan tersebut justru diterima dengan sangat baik oleh Peterpan sehingga mampu membuat album kedua dengan lebih baik.

4. Slank

Slank

Photo :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

Slank dan Dewa 19 diketahui sempat tampil satu panggung bertajuk Supergroup yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara. Konser megah tersebut menjadi sorotan seiring dengan kehadiran sejumlah band kenamaan Tanah Air, termasuk GIGI, PAS Band, Netral, dan Edane. Namun, fokus utama konflik tersebut jatuh pada perseteruan antara Slank dan Dewa 19.

Kabarnya, Dewa 19 meminta menjadi band penutup dalam konser tersebut. Namun, penyelenggara meminta Slank, yang biasanya menjadi band penutup dalam konser, untuk tidak tampil sebagai band terakhir. Keputusan ini diterima dengan baik oleh Slank, yang dipimpin oleh Bimbim dan kawan-kawan.

Setelah  Slank menutup penampilannya dengan lagu Kamu Harus Pulang, hampir seluruh penonton meninggalkan konser.  Kehadiran penonton yang berkurang drastis ini membuat Dewa 19, yang seharusnya menjadi band penutup, merasa kesal. Ahmad Dhani dan rekan-rekan bandnya menyampaikan ketidakpuasan mereka dengan menggunakan kata-kata yang kontroversial.

Namun, Ahmad Dhani kemudian membantah cerita tersebut dalam sebuah podcast bersama Rian D'Masiv. Menurut Dhani, permintaan untuk tampil terakhir hanyalah hoax, dan Dewa 19 tidak pernah mempermasalahkan urutan penampilan. Yang terpenting bagi mereka adalah pembayaran mereka diterima lebih dahulu.

"Itu hoax. Jadi kami Dewa 19 enggak pernah ribet sama siapa yang main duluan. Yang penting kita dibayar duluan. Siapa yang main duluan terserah, yang penting kita dibayar duluan," kata Ahmad Dhani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya