Cerita Transpuan Jessica Rinrada Saat Umroh, Kesulitan Pakai Baju Ihram dan Ditahan Petugas Keamanan

Transpuan Princess Jessica
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

JAKARTA – Nama Jessica Rinrada tengah menjadi sorotan pengguna media sosial. Menyusul dengan kepergiannya umroh beberapa waktu lalu dengan kedua orang tuanya. Usut punya usut, Jessica Rinrada adalah seorang transgender cantik asal Solo Jawa Tengah. 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Pergi berangkat umroh bersama kedua orang tuanya beberapa waktu lalu. Jessica terlihat sempat menangis saat menjalani ibadah umroh kala itu.

Dia mengaku ingin bertobat dan kembali menjadi laki-laki seutuhnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah
2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Tampil dipodcast Nycta Gina dan Kinos, pemilik nama asli dari Bagas ini angkat bicara bagaimana akhirnya dia bisa menjalani ibadah umroh.

"Kalau cowok kan ibadah umroh pakai baju ihram kan kebuka gitu. Sedangkan dengan cantiknya terbuka aku sampai kayak ini sampai ada yang nyasar. Gimana ini," tanya Nycata Gina seperti dikutip dari akun TikTok @nge-hits.

"Iya pakai ihram cowok biasanya kalau tawaf (ihram) sebelah kanannya terbuka kan, kata biro umrohnya ditutup aja enggak apa-apa, takut kenapa-kenapa," jawab Jessica.

"Kata biro umroh, berarti kamu sudah mempersiapkan sudah tanya sana-sini udah persiapkan itu. Ternyata boleh?," tanya Kinos.

"Boleh, jadi sebenarnya aku punya goals tiap tahun. Goals aku di tahun 2023 ini kayak pengen bisa berangkatin mama papa (umroh). Kumpulin uang buat orang tua, Agustus kekumpul, daftar ke bironya. Terus tanya-tanya biayanya,” kata Bagas nama aslinya.

“Terus di bironya ditanya enggak sekalian akunya ikut. (aku tanya) bisa enggak aku ikut (mereka bilang) bisa ikut enggak apa-apa. Tapi bironya bilang harus sesuai dengan gendernya," lanjutnya.

Saat umrah, penampilan Jeje menjadi sorotan. Meski mengenakan gamis dan sorban yang biasa dikenakan oleh pria saat di Madinah namun wajahnya yang seperti perempuan membuatnya menjadi sorotan.

"Hari pertama sampai hari keempat masih di Madinah belum pakai baju ihram masih pakai jubah baju koko bagian aku korsetin double tapi tetap orang liat dari muka sampai kayak gini (noleh), ditanyain men or woman? aku jawab men enggak percaya dia giniin (diliatin arah payudaranya) show your paspor. Aku tunjukin paspor wajah seperti ini tapi gender laki-laki" kata dia.

Saat menjalani ibadah umroh, Jeje sapaannya mengaku kesulitan saat ibadah. Ia mengaku ditahan oleh askar atau pasukan keamanan setempat.

"Aku dibawa ke kantor, aku telfon biro umrohnya dijelasin gitu. Ada kejadian itu di Madinah, Mekkah. Sempet enggak boleh masuk ke plataran Kabbah, karena enggak ada yang percaya aku laki-laki," kata dia.

"Dikasih tau dikasih pengertian, bironya bilang tawaf wada enggak bisa ikut enggak apa-apa jadi muter di atas enggak bisa. Mungkin dibolehin sekali karena peraturannya masuk pelataran itu pakai ihram," jelasnnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya