Pangeran William Kegep Gak Pake Cincin Nikah, Kenapa?

Kate Middleton dan Pangeran William.
Sumber :
  • WWD.

INGGRIS – Putra mahkota kerajaan Inggris, Pangeran William tengah menjadi sorotan publik. Hal ini menyusul dirinya yang terlihat tak menggunakan cincin pernikahan di berbagai kesempatan. Seperti diketahui, pernikahan William dan Kate Middleton pada 2011 cukup menyita perhatian dari berbagai pelosok dunia.

Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

Namun apa yang menyebabkan William tak memakai cincin kawin seperti adiknya Harry saat menikahi Meghan Markle di tahun 2018 lalu? Melansir Mirror, ternyata pihak keluarga kerajaan sendiri telah mengumumkan William tak akan menggunakan cincin pernikahan sejak sebelum royal wedding di gelar pada 2011 lalu. Kenapa? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Bahkan saat menggelar prosesi pemberkatan pernikahan di Westminster Abbey, Kate tidak menyematkan cincin pernikahan ke jari manis William. Ini juga merupakan perbedaan besar untuk pernikahan Windsor Harry dan Meghan, di mana keduanya saling menyematkan cincin pernikahan di jari manis mereka masing-masing saat pemberkatan pernikahan. 

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

Seorang sumber terdekat menyebut alasan William saat itu lantaran preferensinya untuk tak menggunakan perhiasan. 

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

"Dia bukan orang yang menggunakan perhiasan. Dia tidak pernah memakainya. Dia memutuskan tidak ingin memakainya sekarang. Itu semua tergantung pada preferensi pribadi,” kata seorang sumber.

Pilihan William ini juga ternyata dilakukan oleh sang kakek, Pangeran Philip. Mendiang Pangeran Philip diketahui juga tidak pernah mengenakan cincin nikah, dan pada kenyataannya, itu adalah kebiasaan yang relatif modern bagi pria untuk melakukannya.

“Perang Dunia II dianggap telah menandai pergeseran seismik, karena banyak pria Barat yang bertarung di luar negeri memilih untuk memakai cincin nikah sebagai pengingat mereka tentang istri dan keluarga mereka menunggu di rumah,” demikian seperti diberitakan BBC.

Namun, para ahli yang berbicara kepada BBC menjelaskan bahwa sebelum pertengahan abad ke-20, hampir tidak ada pria yang mengenakan cincin nikah, dan ini karena berbagai alasan. Termasuk bahwa persepsi pernikahan telah berubah karena wanita telah mendapatkan lebih banyak hak.

Ini mungkin telah menciptakan pergeseran dari gagasan bahwa cincin nikah hanya dipakai oleh pengantin wanita karena kadang-kadang berfungsi untuk mewakili kepemilikan oleh suaminya ke arti bahwa pria dan wanita sama-sama memakai cincin nikah adalah tanda kesetaraan yang lebih, dan itu seharusnya menjadi sesuatu yang mengikat mereka berdua dengan cara yang sama. 

Pangeran William

Photo :
  • Instagram

Sementara itu, baik Kate maupun Meghan sama-sama menggunakan cincin nikah yang terbuat dari emas Welsh. Sebuah tradisi turun-temurun dari ibu suri kala itu Lady Elizabeth Bowes-Lyons, diberi cincin yang terbuat dari emas Clogau langka pada tahun 1923, ketika dia menikah dengan Raja George VI.

Emas Clogau yang sama digunakan untuk cincin nikah Ratu Elizabeth, serta cincin saudara perempuannya Putri Margaret dan cincin nikah Putri Diana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya