Logo BBC

Popdut Via Vallen, Dangdut Hiphop NDX: Akankah bertahan?

Via Vallen bernyanyi di kampanye PDIP di Jawa Timur. - ANTARA/ZABUR KARURU
Via Vallen bernyanyi di kampanye PDIP di Jawa Timur. - ANTARA/ZABUR KARURU
Sumber :
  • bbc

Apakah Anda penggemar dangdut atau bukan, sulit untuk menghindar dari lantunan yang dinyanyikan oleh Via Vallen.

"Saya awalnya tidak pernah mendengarkan dangdut, tapi akhir-akhir ini saya jadi dengar Via Vallen, NDX A.K.A, karena banyak dibicarakan orang di sosial media," kata Arya Perdhana, pekerja teknologi di sebuah perusahaan di Jakarta Selatan.

Via Vallen adalah penyanyi asal Jawa Timur bernama asli Maulidia Octavia yang menjadikan genre pop dangdut sebagai andalannya dalam bermusik.

Tembang yang dikemas dalam wujud video klip sudah disaksikan 148 juta penonton dalam satu tahun terakhir.

Jumlah ini menjadikan video tersebut sebagai salah satu video dangdut paling banyak disaksikan di Youtube, hanya kalah oleh video Nella Kharisma, pedangdut bergenre sama, dengan 165 juta penonton.

Total penonton video Via Vallen di akun resmi labelnya, Ascada Musik, sudah mencapai 265 juta penonton. Jumlah ini belum menghitung video-video dari akun lain saat Via Vallen bernyanyi dari panggung ke panggung.

"Tak dapat dipungkiri bahwa sejak Via Vallen dengan lagu `Sayang` itu, dangdut bisa lebih naik kelas. Karena awalnya hanya (didengar oleh orang) ke bawah. Sekarang ke atas sudah bisa menikmati musiknya," kata Head of Promo Ascada Musik, Trosta Susiswa kepada BBC Indonesia.

Trosta mendefinisikan genre musik Via Vallen sebagai popdut, alias lagu pop dangdut.